Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan Floating Ads (Iklan Melayang) - Mas Fadli

Monday, 26 September 2022

Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan Floating Ads (Iklan Melayang)

Floating Ads atau bisa juga disebut iklan melayang merupakan salah satu dari berbagai variasi teknik pemasangan iklan/adsense yang ada didunia blog atau website. Floating Ads sendiri merupakan iklan yang akan selalu muncul dan mengikut pergerakan kita sebagai pembaca. Semisal kita scroll kebawah, iklan tersebut akan mengikuti secara otomatis.

Terkadang, iklan ini tidak menyediakan tombol tutup, sehingga kita akan selalu melihat iklan tersebut tanpa bisa menutupnya. Akan tetapi, varian yang lebih canggih hadir dengan berbagai komponen menarik, seperti tombol tutup itu sendiri. Sehingga tidak terlalu menganggu pembaca postingan artikel kita.

Floating ads banyak digemari oleh publisher karena dapat menarik perhatian pembaca dan cenderung lebih menarik untuk dilihat daripada variasi atau format iklan lainnya yang ada didalam suatu website. Selain itu, dengan menggunakan variasi Floating Ads dapat memperbesar kemungkinan menambah banyaknya jumlah klik pada iklan tersebut.

Meskipun begitu, menggunakan floating ads juga memiliki kekurangan yang bisa saja berimbas fatal ke website yang kalian miliki. Berikut ini merupakan beberapa kelebihan dan kekurangan menggunakan Floating ads di website atau blog.

Kelebihan Menggunakan Floating Ads

1. Iklan menjadi lebih terlihat

Kelebihan yang pertama pastinya iklan yang ditampilkan akan lebih terlihat oleh pengunjung. Semakin sering dan semakin jelas iklan tersebut dilihat, maka akan memperbesar kemungkinan membuat audiens penasara dan akhirnya membuka iklan tersebut.

2. Memperbesar kemungkinan mendapatkan banyak klik

Karena iklan tersebut pasti dan selalu dilihat oleh pengunjung, maka akan memberikan efek pada jumlah klik yang akan didapatkan.

3. Dapat meningkatkan penghasilan

Hal ini masih berkaitan dengan kelebihan nomor 2 tadi. Karena banyak yang melakukan klik pada iklan tersebut maka dengan begitu penghasilan yang kalian dapatkan pastinya akan jauh lebih besar dari sebelumnya.

kekurangan Menggunakan Floating Ads

1. Menganggu kenyamanan pengunjung ketika membaca

Hal ini menjadi kekurangan pertama karena ketika pengunjung terlalu banyak mendapatkan pop up, maka pengunjung tersebut tidak merasa nyaman dan besar kemungkinan malah terganggu.

Begitu juga dengan pengunjung blog kalian, ketika kalian menggunakan floating ads, besar kemungkinan pengunjung akan merasa tidak nyaman dan yang paling parah adalah blog kalian akan ditandai sehingga pengunjung tersebut tidak mau kembali membaca artikel yang kalian sediakan.

2. Iklan menutupi konten

Karena floating ads sifatnya melayang dan selalu ada, akan menyebabkan konten atau artikel kalian ditutupi oleh iklan tersebut. Terlebih ketika kalian mengatur ukurannya terlalu besar.

3. Rawan banned

Ketika floating ads yang kalian gunakan menganggu kenyamanan dan menutupi konten artikel kalian, Google bisa saja melakukan banned terhadap akun Adsense yang kalian miliki karena dianggap melanggar kebijakan yang telah ditetapkan oleh Google Adsense. Dan jika sudah dibanned katakan selamat tinggal pada akun tersebut.

4. Dapat menurunkan jumlah visitor

Dampak lainnya adalah dengan memasang floating ads akan memungkinkan kalian kehilangan pengunjung sedikit demi sedikit. Hal ini disebabkan karena audiens merasa tidak nyaman ketika membaca atau berkunjung ke blog kalian.

Itu tadi kelebihan dan kekurangan dari menggunakan floating ads. Kelebihan dan kekurangan tersebut dapat kalian gunakan sebagai pertimbangan sebelum memasang floating ads di blog. Jangan sampai kalian asal menggunakan dan pada akhirnya menyesal karena tidak mempertimbangkan hal-hal tersebut.

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done