Perbedaan Google AdSense Hosted Dan Non Hosted - Mas Fadli

Tuesday, 27 September 2022

Perbedaan Google AdSense Hosted Dan Non Hosted

Perbedaan Google AdSense Hosted dan Non Hosted - Google AdSense merupakan media atau platform iklan yang dimiliki oleh perusahaan Google. Untuk kalian yang sudah lama terjun sebagai publisher atau pengiklan pasti sudah tidak asing lagi dengan Google AdSense. 

Untuk bergabung menjadi mitra dari google adsense memang cukup sulit, karena ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi agar bisa lolos untuk menjadi mitra google adsense. Tidak jarang dari kita perlu melakukan berkali-kali percobaan untuk akhirnya bisa lolos menjadi mitra dari google adsense.

Google AdSense sendiri dibagi menjadi 2 jenis yaitu Google AdSense Hosted dan Non Hosted. Apa sih perbedaan dari dua jenis akun tersebut?

Google AdSense Hosted

Google AdSense Hosted yaitu jenis akun google adsense yang menempatkan iklan pada website partner resmi dari google (youtube dan blogger).

1. Pendaftaran Akun Google AdSense

Akun google adsense hosted pendaftaran yang dilakukan melalui website partner resmi dari google seperti blogger ataupun youtube. Ketika kita menggunakan blogger, maka kita akan mendapatkan domain gratis yang telah disediakan oleh pihak blogger itu sendiri.

Domain yang kita dapatkan dari blogger bisa digunakan untuk mendaftar google adsense, namun sebagai catatan akun kita akan terdeteksi sebagai akun google adsense hosted.

2. Penempatan Iklan

Untuk akun google adsense hosted sendiri, penempatan iklan dibatasi hanya dapat digunakan di blogger, youtube dan hub pages. Jika kita ingin menampilkan di platform lain seperti wordpress, kita harus melakukan upgrade terlebih dahulu menjadi akun google adsense non hosted

3. Kelebihan Akun Google AdSense Hosted

Seperti yang sudah mimin jelasin di point pertama, proses pendaftaran akan jauh lebih mudah. Karena, kita menggunakan partner resmi dari google sehingga hanya perlu melalui 1 tahap review saja.

Dan, kita tidak perlu modal tambahan seperti membeli domain lagi, karena untuk mendaftar adsense bisa menggunakan domain gratis yang telah disediakan oleh blogger.

4. Kekurangan Akun Google AdSense Hosted

Kekurangan dari akun hosted sama seperti yang telah mimin sampaikan di point ke-2, yaitu penempatan iklan yang sangat terbatas, hanya bisa digunakan pada partner resmi google yaitu blogger, youtube dan hub pages. Proses upgrade dari akun hosted ke non-hosted pun memerlukan waktu yang cukup lama.

Google AdSense Non-Hosted

Google Adsense Non-Hosted merupakan kebalikan dari akun google adsense hosted, dimana kita bisa menempatkan iklan pada website yang bukan partner resmi dari google.

1. Pendaftaran Akun Google Adsense Non-Hosted

Pendaftaran akun sendiri menggunakan platform lain yang disediakan oleh google. Bisa menggunakan blogger dengan catatan sudah menggunakan domain pribadi atau domain tld, wordpress dan lain sebagainya.

Banyak platform yang bisa digunakan untuk mendaftar dengan catatan memenuhi syarat dan peraturan dari google.

2. Penempatan iklan

Akun non-hosted dapat ditempatkan dimana saja tidak terikat seperti akun hosted

3. Kelebihan Akun AdSense Non-Hosted

Kelebihan yang dimiliki akun non hosted kita bisa menempatkan iklan dimana saja, tidak dibatasi hanya bisa digunakan pada platform milik google saja. Anda pun bisa memasang iklan tanpa harus menunggu review terlebih dahulu.

4. Kekurangan Akun AdSense Non-Hosted

Kekurangan yang pertama dan menguji kesabaran adalah sulitnya proses approval dari pihak google adsense, sehingga harus memerlukan lebih banyak proses daftar ulang dibanding dengan akun hosted.

Kekurangan yang kedua yaitu kalian harus sudah memiliki domain tld sendiri, sehingga memerlukan modal tambahan sebelum mendaftar akun google adsense non-hosted.

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done