Cara Blokir Download File Extention (Mp3 & Mkv) dengan Web Proxy di Mikrotik - Mas Fadli
News Update
Loading...

Thursday, 11 April 2019

Cara Blokir Download File Extention (Mp3 & Mkv) dengan Web Proxy di Mikrotik


Ekstensi file merupakan salah satu dari metadata yang menjelaskan informasi tentang file (data fisik dari suatu file). Ekstensi file ini sangat penting karena berhubungan dengan registry yang menentukan dengan software/aplikasi yang tepat untuk membuka file tersebut (dalam properties file diberithukan informasi Open with, yang memberitahukan aplikasi yang tepat untuk membuka file tersebut.

Proxy adalah suatu aplikasi yang menjadi perantara antara client dengan server, sehingga client tidak akan berhubungan langsung dengan server-server yang ada di Internet. Mikrotik memiliki fitur Web proxy yang bisa digunakan sebagai proxy server yang nantinya akan menjadi perantara antara browser user dengan web server di Internet.


Dengan adanya proxy tersebut administator jaringan dapat mengawasi atau mengontrol apa saja yang dapat dilakukan oleh si client. Salah satunya adalah download file extention (contohnya MP3 dan MKV).

Kali ini mimin akan membagikan bagaiman cara untuk memblokir download file extention MP3 MKV menggunakan web proxy.

Langkah-langkah konfigurasi

1. Pastikan mikrotik dan PC kalian sudah terhubung ke internet ya. Jika belum kalian Klik Link dibawah untuk melakukan konfigurasi mikrotik supaya terhubung ke internet


2. Jika sudah sekarang kita ke fitur web proxy
IP > Web Proxy > Ikuti gambar ya :D

  • Enable = untuk mengaktifkan
  • Cache Administrator = informasi dari administrator jaringan
  • Cache on disk = cache akan tersimpan di dalam penyimpanan mikrotik

3. Sekarang ke menu Access

4. Klik icon "+" , masukkan extention *.mp3* ke bagian Path dan untuk action pilih deny


5. Klik icon "+" , masukkan extention *.mkv* ke bagian Path dan untuk action pilih deny


6. Jika sudah kita buat tranparent proxy nya, agar proxy yang sudah di buat tadi dapat berjalan.
IP > Firewall > NAT > Ikuti Gambar ya :D
  • Menu General

  • Menu Action



  • To Ports = port dari web proxy

7. Sekarang kita uji coba apakah berhasil atau tidak. Jika berhasil maka akan langsung di arahkan ke tampilan web proxy. Untuk alamat downloadnya kalian search saja di google dengan kata kunci Index Of Mp3 / Index Of Mkv. 

  • File Mp3



  •  File Mkv



Itu tadi tutorial blokir file extention (mp3 & mkv) dengan web proxy di Mikrotik. Semoga dapat bermanfaat untuk kalian semua khususnya untuk teman-teman SMK yang akan menjalani UKK. Konfigurasi ini berlaku untuk HTTP ya. Salam literasi.

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
Selamat datang di masfadli.com. Semoga apa yang saya tuliskan dapat bermanfaat untu kalian semua. Jika ada kritik dan saran kalian isikan dikolom komentar ya. Selamat membaca.
Done