Mengenal Perbedaan Tipografi, Kaligrafi dan Hand Lettering - Mas Fadli

Tuesday, 8 October 2019

Mengenal Perbedaan Tipografi, Kaligrafi dan Hand Lettering

Banyak dari kita yang masih sering salah mengartikan dari apa itu tipografi/kaligrafi/hand lettering. Nah, Berhubung mimin mulia mengikuti organisasi Desain Squad di kampus mimin, jadi akan sedikit membahas perbedaan dari Tipografi - Kaligrafi - Hand Lettering.


1. Tipografi
Tipografi adalah ilmu tentang huruf dan tulisan. Maksudnya adalah suatu seni dan teknik memilih dan menata huruf dengan pengaturan yang penyebarannya pada ruang yang tersedia untuk menciptakan kesan keindahan tertentu.

2. Kaligrafi
Kaligrafi adalah seni menulis dengan sekali goresan (single stroke). Ketebalan dan ketipisan garis sesuai dengan alat tulis dan goresan tangan.

Berhubung kaligrafi hanya dilakukan dengan satu kali goresan, dibutuhkan banyak latihan guna melemaskan otot tangan dalam membuat kaligrafi.

Seni kaligrafi banyak ditemukan di negara-negara Asia Timur, jepang, Cina dan Jazirah Arab

3. Hand Lettering
Mengambar dengan lebih dari 1 goresan (multiple strokes). Tidak ada aturan baku dalam membuat hand lettering atau istilah kerennya custom typography.

Hand lettering sendiri merupakan adaptasi dari kaligrafi. Dan, penggunaan hand lettering banyak kita temui di cafe-cafe kopi.

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done