Macam-Macam Ancaman yang Ada di Internet - Mas Fadli
News Update
Loading...

Monday, 23 March 2020

Macam-Macam Ancaman yang Ada di Internet

Membahas tentang internet pasti tidak akan lepas dengan yang namanya ancaman. Di internet ancaman pasti akan terjadi bahkan sudah terjadi ke pengguna internet itu sendiri.


Ancaman-ancaman tersebut memiliki banyak macamnya. Mulai dari ancaman kepada si pengguna, ancaman kerusakan ke perangkat dan masih banyak lagi.

Mimin kali ini akan membahas beberapa contoh ancaman yang ada diinternet dan bisa saja ancaman yang mimin bahas sudah menyerang perangkat yang kalian gunakan. Cuss simak pembahasan berikut ini.

1. Botnet

Botnet adalah software/bot yang menciptakan segerombolan pasukan komputer yang sudah terkena virus (komputer zombie).
Dari segerombolan komputer yang sudah teknea virus tersebut bisa saja dimanfatkan oleh penjahat cyber untuk melakukan serangan ataupun mengambil data pribadi si korban.

2. DDoS

DDos merupakan sebuah serangan yang dilakukan menggunakan komputer zombie dengan tujuan untuk membanjiri trafik dari sebuah website atau server.
Dampaknya membuat website atau server teresebut down dan tidak bisa diakses lagi oleh pemiliknya.

3. Spam

Spam, mungkin kita sudah sering mendengar kata ini, ada beberapa orang yang menganggap spam merukan hal biasa saja padahal hal ini sudah masuk ke kategori ancaman. Karena kita bisa saja menerima email atau pesan dengan jummlah yang banyak dalam waktu bersamaan.
Biasanya spam dibarengi dengan phising yang ada didalamnya untuk menawarkan seusatu yang to-good-to-be-true.

4. Phising

Phising biasanya digunakan oleh penjahat cyber untuk mengumpulkan informasi sebanyak mungkin dari si korban, dengan cara berpura pura sebagai pihak berwenang dari informasi tersebut. Biasanya terjadi melalui email atau link website.

5. Spoofing

Teknik ini bisa dibilang memanipulasi korban, dimana si korban merasa website yang ia kunjungi dan email yang ia dapat berasal dari sumber yang terpercaya, sehingga korban dengan mudah memberikan informasi pentingnya.

6. Trojan Horse

Trojan horse biasanya terdapat pada software bajakan yang kalian download atau kalian gunakan. Mungkin software bajakan yang kalian gunakan terlihat biasa saja padahal software tersebut berisi virus dan malware yang dapat merukan PC/Laptop yang kalian gunakan.

7. Spyware

Spyware dapat mengawasi si korban dan mengambil data korban secara diam diam.

8. Adware

Biasanya perangkat yang terkena adware akan sering memunculkan iklan dan iklan tersebut tidak pantas untuk dilihat.

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
Selamat datang di masfadli.com. Semoga apa yang saya tuliskan dapat bermanfaat untu kalian semua. Jika ada kritik dan saran kalian isikan dikolom komentar ya. Selamat membaca.
Done