Main PUBG? Yuk Perhatikan Efek Positif dan Negatif Bermain PUBG - Mas Fadli
News Update
Loading...

Main PUBG? Yuk Perhatikan Efek Positif dan Negatif Bermain PUBG


Siapa yang tidak tau PUBG? Game bertema battle royal yang sedang di gandrungi oleh semua orang.

Game ini sempat menimbulkan kontroversi di berapa negara karena dianggap sebagai pemicu terjadinya kekerasan di dunia nyata.

Di Indonesia sendiri PUBG sempat akan di blokir oleh pemerintah karena dianggap berbahaya, namun akhirnya pemerintah Indonesia batal memblokir game ini dengan beberapa alasan.

Nah, sebenarnya game ini memiliki beberapa efek positif dan negatif bagi pemainnya, apa saja itu? Mari kita bahas

EFEK POSITIF BERMAIN PUBG

1. Melatih reflek atau respon secara motorik
Ketika bermain game ini para pemain akan dikejutkan dengan munculnya musuh secara tiba-tiba, entah itu di semak-semak ataupun di dalam gedung. Secara tidak langsung hal itu akan membuat respon pemain akan lebih peka terhadap apa yang ada di sekitarnya.

2. Melatih fokus dan kewaspadaan
Benar sekali game ini akan melatih fokus dan kewaspadaan pemainnya, karena jika lengah sedikit saja mereka bisa tertembak oleh musuh sehingga mau tidak mau akan langsung kembali ke lobby game.

3. Mengajarkan untuk mengambil keputusan
Ketika sedang bermain sering kali pemain menemukan kondisi dimana mereka lebih memilih menyerang atau bertahan ketika berhadapan dengan musuh. Dari keadaan tersebut pemain secara tidak langsung akan belajar bagaimana cara mengambil keputusan yang tepat agar tim mereka dapat memenangkan permainan tersebut.

4. Mengajarkan pentingnya kerjasama antar rekan tim
Ada 3 mode yang salah satunya adalah mode squad, yap di mode tersebut pemain akan bertemu dengan orang lain untuk membentuk tim yang berisikan 4 orang (random) di dalamnya. Dalam keadaan ini mereka akan berusaha untuk bekerjasama meskipun tidak saling kenal dengan tujuan untuk mendapatkan ckicken dinner.
5. Melatih kesabaran
Melatih kesabaran ya? Mimin rasa ini bener banget. Kalian pasti tay lah ya alasannya :v

EFEK NEGATIF BERMAIN PUBG

1. Unsur permainan yang mengandung kekerasan
Kekerasan? Sesuai dengan genre nya. Game ini mengharuskan setiap saling membunuh antar palyer yang bermain.

2. Mengabaikan keadaan sekitar
Ketika sedang bermain pastinya player tersebut tidak akan peduli dengan keadaan sekitar dan lebih terfokus ke smartphone masing-masing.

3. Menjadikan lupa waktu
Terlalu asyik bermain menyebabkan player lupa waktu dan malas untuk melakukan kegiatan apapun.

4. Jika terlalu menghayati permainan dapat merubah pola pikir pemain
Menurut mimin ini menjadi efek terburuk bagi setiap player, karena jika mereka sudah terlalu menghayati dapat menimbulkan keinginan untuk meniru game ini.

5. Bukan contoh permainan yang baik untuk anak-anak di bawah umur
Alangkah baiknya jika game ini tidak dimainkan oleh anak-anak dibawah umur, penyebabnya adalah genre yang mengandung kekerasan dan itu tidak baik jika disuguhkan ke anak-anak dibawah umur.

Untuk semuanya jadikan game sebagai media refreshing kalian dan jangan sampai lupa waktu sehingga tidak peduli dengan keadaan sekitar kalian. Bijak lah dalam bermain game.

Dan untuk orang tua, awasi putra/putri kalian jika sudah terlanjur memainkan game PUBG jika bisa arahkan ke game yang mengandung unsur edukasi sehingga baik untuk perkembangan mereka.

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
Selamat datang di masfadli.com. Jangan lupa memakai masker dan handsanitizer. Terapkan protokol yang ada ketika diluar rumah. STAY SAFE dan SELAMAT MEMBACA
Done