Jenis dan Fungsi Mode Jaringan di VirtualBox - Mas Fadli
News Update
Loading...

Thursday, 4 October 2018

Jenis dan Fungsi Mode Jaringan di VirtualBox



 

VirtualBox banyak dimanfaatkan untuk melakukan pembelejaran dalam bidang jaringan. Hal ini sangatlah bermanfaat bagi siapapun karena kita tidak perlu mengeluarkan biaya lebih untuk membeli suatu computer fisik, switch, router dan lain sebagainya.
Yang diperlukan hanyalah membuat beberapa mesin virtual dan menghubungkan antara satu dengan yang lainnya, sehingga membentuk suatu jaringan yang berada dalam VirtualBox.
VirtualBox sendiri menyediakan beberapa tipe virtual network yang dapat digunakan dan dimanfaatkan untuk berbagai pembelajaran. Berikut ini tipe-tipe virtual network beserta penjelasannya.

  1.       NAT (Network Address Translation)
NAT merupakan jaringan default dari VirtualBox. Dimana mode jaringan ini akan membuat mesin virtual yang kita buat otomatis terhubung ke internet secara langsung.
Dalam mode ini mesin virtual dapat mengubungi (PING) ke computer asli/host, tetapi computer asli/host tidak dapat menghubungi mesin virtual/guest.

  2.       Bridged Adapter
Mode bridge memungkinkan mesin virtual dapat terhubung langsung ke jaringan yang sama dengan milik computer yang asli.
Pada mode ini mesin virtual akan dianggap sebagai computer asli sehingga akan mendapatkan alamat ip sendiri.  Mode ini cocok digunakan untuk membuat simulasi jaringan ataupun menjalankan server di dalam VirtualBox

  3.       Host-Only Adapter
Mode ini memungkinkan computer visual dapat mengakses computer asli dan begitupun sebaliknya. Computer asli dan computer virtual yang menggunakan tiper jaringan host-only adapter berada dalam satu jaringan yang sama menggunakan ethernet berbasis software.

  4.       Internal Network
Mode jaringan ini memungkinkan untuk membuat beberapa mesin virtual yang saling terhubung secara internal. Artinya sesame mesin virtual yang tersambung ke suatu internal network, yang dapat saling mengubungi melalui jaringan.
Pada mode ini akan menjadikan computer virtual hanya dapat menjalin komunikasi dengan computer virtuak lainnya.

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
Selamat datang di masfadli.com. Semoga apa yang saya tuliskan dapat bermanfaat untu kalian semua. Jika ada kritik dan saran kalian isikan dikolom komentar ya. Selamat membaca.
Done