Pengertian Makalah dan Format Penulisan Makalah - Mas Fadli

Tuesday 14 February 2023

Pengertian Makalah dan Format Penulisan Makalah

Pengertian Makalah dan Format Penulisan MakalahMakalah adalah suatu bentuk laporan atau ulasan yang dibuat untuk menyampaikan hasil penelitian atau kajian terhadap suatu permasalahan atau topik tertentu. Dalam sebuah makalah, penulis menyajikan informasi yang relevan, menganalisis data dan membuat kesimpulan yang didukung oleh bukti dan data yang valid.


Penulisan makalah harus memperhatikan beberapa hal, seperti:

1. Struktur 

Setiap makalah memiliki struktur yang berbeda-beda, namun secara umum makalah memiliki bagian-bagian seperti judul, abstrak, pendahuluan, metodologi, hasil dan pembahasan, kesimpulan dan daftar pustaka.

2. Penggunaan bahasa 

Penggunaan bahasa yang benar dan tepat sangat penting dalam penulisan makalah. Bahasa yang digunakan harus jelas, mudah dipahami dan sesuai dengan topik yang dibahas.

3. Penulisan sumber

Setiap informasi yang diambil dari sumber lain harus disebutkan dengan jelas dan akurat dalam daftar pustaka.

4. Penyajian data

Data yang disajikan harus relevan dan valid. Penulis harus memastikan bahwa data yang disajikan benar-benar membantu dalam memahami permasalahan atau topik yang dibahas.

5. Kesimpulan

Kesimpulan harus jelas dan didukung oleh data dan bukti yang valid. Kesimpulan harus membahas hasil dari analisis dan memaparkan implikasi dari hasil tersebut.

Penulisan makalah yang baik dan benar sangat penting karena makalah merupakan bentuk laporan atau ulasan yang sering digunakan dalam berbagai bidang, seperti ilmu pengetahuan, bisnis, dan akademis.

Berikut adalah format umum untuk penulisan makalah:

1. Halaman Judul

Berisi judul makalah, nama penulis, dan informasi lain yang dianggap penting seperti institusi, tanggal dan nomor pendaftaran.

2. Abstrak

Berisi ringkasan singkat tentang isi makalah, termasuk tujuan, metodologi, hasil, dan kesimpulan. Abstrak biasanya ditulis dalam beberapa paragraf dan tidak lebih dari 250 kata.

3. Pendahuluan

Berisi latar belakang, tujuan, dan rumusan masalah yang dibahas dalam makalah.

4. Metodologi

Berisi deskripsi tentang cara yang digunakan dalam mengumpulkan dan menganalisis data.

5. Hasil dan Pembahasan

Berisi hasil dari analisis data dan diskusi tentang hasil tersebut. Penulis harus memaparkan hasil secara jelas dan didukung oleh bukti yang valid.

6. Kesimpulan

Berisi ringkasan dari hasil dan pembahasan, serta implikasi dari hasil tersebut.

7. Daftar Pustaka

Berisi daftar sumber yang digunakan dalam penulisan makalah. Daftar pustaka harus disusun menurut format yang ditentukan, seperti APA (American Psychological Association), MLA (Modern Language Association) atau Chicago.

8. Lampiran (opsional)

Berisi informasi tambahan seperti tabel, grafik, atau dokumen lain yang dianggap penting untuk makalah.

Penulisan harus memperhatikan beberapa hal, seperti:

  1. Menggunakan font dan ukuran yang sesuai dan mudah dibaca.
  2. Menjaga margin dan jarak antar baris yang sesuai.
  3. Menggunakan bahasa yang jelas dan tepat.
  4. Menyertakan nomor halaman pada setiap halaman.

Format penulisan makalah ini bisa berbeda tergantung pada institusi atau lembaga yang meminta penulisan makalah. Oleh karena itu, sebaiknya penulis meminta petunjuk atau panduan yang lebih detail dari institusi atau lembaga tersebut.

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done
close