Mengenal Jenis-Jenis Bot - Mas Fadli
News Update
Loading...

Sunday, 2 May 2021

Mengenal Jenis-Jenis Bot

Bot adalah program komputer virtual yang biasanya digunakan untuk penganti tanggapan manusia dan tugas-tugas sederhana secara otomatis. Meskipun hanya menjalankan tugas sederhana tetapi bot memiliki tingkat kecepatan yang lebih tinggi daripada manusia.

Hal ini disebabkan karena bot sudah menyimpan data apa saja yang harus dilakukan ketika ada orang yang menghubungi atau menggunakan bot tersebut. Ternyata bot juga memiliki beberapa jenis. Apa saja itu? Simak pembahasan berikut ini.

1. Spider Bot

Spider bot atau crawler digunakan untuk mengumpulkan data dan menganalisis data dan informasi dari situs web untuk memperluas fungsi search engine, mengambil dan mengindeks konten, membuat tautan serta mengoptimalkan permintaan pencarian.

2. Spam Bot

Bot ini dirancang untuk mengumpulkan alamat email dari situs web, media sosial, bisnis dan organisasi, memanfaatkan format khusus dari alamat email. Selain untuk mengirim email spam, bot ini biasanya digunakan untuk tujuan jahat lainnya.

3. Scraper Bot

Digunakan untuk membaca data situs web untuk disimpan secara offline dan memungkinkan digunakan kembali. Bot ini biasa disalahgunakan untuk mencuri konten yang sensitif dan memiliki hak cipta.

4. Social Media Bot

Digunakan untuk menambah followers dan like palsu, mengirim pesa massal secara otomatis. Bot jenis ini sulit dideteksi karena bekerja dengan menunjukkan perilaku yang sangat mirip dengan pengguna media sosial yang sungguhan.

5. Download Bot

Program otomatis yang digunakan untuk mendownload software atau mobile apps secara otomatis. Untuk mempengaruhi statistik unduhan, seperti untuk mendapatkan banyak unduhan di toko aplikasi popouler dan membantu aplikasi baru untuk berada di top charts.

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
Selamat datang di masfadli.com. Jangan lupa memakai masker dan handsanitizer. Terapkan protokol yang ada ketika diluar rumah. STAY SAFE dan SELAMAT MEMBACA
Done