Pengertian dan Pengenalan HTML (HyperText Markup Language) - Mas Fadli
News Update
Loading...

Friday, 2 April 2021

Pengertian dan Pengenalan HTML (HyperText Markup Language)

HTML atau HyperText Markup Language adalah bahasa yang digunakan pada dokumen web sebagai bahasa untuk pertukaran dokumen web. Struktur dokumen HTML terdiri dari tag pembuka dan tag penutup. HTML versi 1.0 dibangun oleh W3C, dan terus mengalami perkembangan sampai dengan saat ini.

Struktur dokumen HTML sebagai berikut:

<html>
<head>
<title></title>
</head>
<body></body>
</html>

Struktur diatas adalah satu kesatuan yang harus ada dalam setiap dokumen HTML. Dokumen HTML terdiri dari komponen yaitu tag, elemen, dan atribut. Maksudnya adalah:

Tag

tanda awal < dan tanda akhir > yang digunakan sebagai pengapit suatu elemen. Tag pada elemen pembuka diawali dengan tanda < dan diakhiri dengan tanda >. Sedangkan untuk elemen penutup diawali dengan tanda < dan / kemudian dikahiri dengan tanda >. Contoh penulisan tag:

<head>
</head>

Elemen

Nama penanda yang diapit oleh tag yang memiliki fungsi dan tujuan tertentu pada dokumen HTML. Elemen dapat memiliki elemen anak dan juga nilai. Elemen anak adalah elemen yang berada di dalam elemen pembuka dan elemen penutup induknya. Nilai yang dimaksud adalah teks atau karakter yang berada di antara elemen pembuka dan elemen penutup. Contoh elemen adalah:

<head>
<title>
judul dokumen
</title>
</head>

Atribut

Properti elemen yang digunakan untuk mengkhususkan suatu elemen. Elemen dapat memiliki atribut yang berbeda pada tiap masing-masingnya. Pendefinisian nilai atribut hanya dapat dilakukan pada elemen pembuka.

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
Selamat datang di masfadli.com. Jangan lupa memakai masker dan handsanitizer. Terapkan protokol yang ada ketika diluar rumah. STAY SAFE dan SELAMAT MEMBACA
Done