Mengenal Segita Exposure dalam Fotografi - Mas Fadli
News Update
Loading...

Sunday, 15 November 2020

Mengenal Segita Exposure dalam Fotografi

Untuk kita yang ingin belajar tentang fotografi pasti tidak asing dengan istilah segitiga exposure. Segitga exposure merupakan dasar dari teknik fotografi agar mendapatkan hasil yang maksimal.

Segita exposure adalah istilah yang digunakan untuk tiga elemen dasar dari exposure, yaitu:

  • Aperture atau bukaan lensa adalah ukuran seberapa besar atau kecil terbukanya iris/diafragma lensa yang diukur dengan f-number. Semakin besar bukaan lensa (f-number semakin kecil), maka semakin banyak cahaya yang masuk.
  • Shutter Speed merupakan ukuran kecepatan buka tutup jendela sensor atau selama apa sendor menerima cahaya. Kecepatan shutter speed diukur dalam satuan second (detik), semakin cepat shutter speed semakin cepat pula sensor menerima cahaya dan sebaliknya.
  • ISO adalah ukuran tingkat sensifitas sensor kamera terhadap cahaya. Semakin tinggi setting ISO maka semakin sensitif sensor kamera terhadap cahaya. Namun ada efek samping saat ISO dinaikkanm yaitu kualitas gambar akan berkurang dan muncul noise atau bintik pada foto.

Masing-masing elemen tersebut saling terkait dalam mempengaruhi cahaya yang masuk ke sensor kamera untuk merekam foto yang disebut dengan exposure.

Perubahan yang terjadi pada salah satu elemen exposure akan berdampak pada perubahan elemen yang lainnya.

 

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
Selamat datang di masfadli.com. Semoga apa yang saya tuliskan dapat bermanfaat untu kalian semua. Jika ada kritik dan saran kalian isikan dikolom komentar ya. Selamat membaca.
Done