Macam-Macam Media Penyimpanan di Cisco Router / Swtich - Mas Fadli
News Update
Loading...

Sunday, 17 May 2020

Macam-Macam Media Penyimpanan di Cisco Router / Swtich

Media penyimpanan jadi hal penting untuk setiap perangkat, tak terkecuali untuk perangkat router. Di Cisco sendiri ada beberapa media penyimpanannya. Berikut ini akan mimin jelaskan secara singkat tentang media penyimpanan yang ada di cisco router / switch.

1. ROM

ROM menyimpan program startup boostrap router, perangkat lunak sistem operasi dan program uji diagnosis power-on (POST).

2. Memori Flash

Secara umum lebih dikenal dengan flash. Cisco Internetwork Operating Sytem (IOS) image disimpan di memori ini. Flash adalah ROM yang dapat dihapus dan diprogram ulang. Konten memori flash disimpan oleh router saat power-down atau saat reboot.

3. RAM

RAM pada router Cisco menyimpan informasi operasional seperti Routing Table dan file konfigurasi yang sedang berjalan.

4. NVRAM

Konten VRAM tidak akan gilang ketika router dimatikan atau dihidupkan ulang. NVRAM memegang file konfigurasi startup. Jika NVRAM kosong saat router memuat lang, maka secara otomatis diminta untuk masuk ke mode pengaturan.

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
Selamat datang di masfadli.com. Semoga apa yang saya tuliskan dapat bermanfaat untu kalian semua. Jika ada kritik dan saran kalian isikan dikolom komentar ya. Selamat membaca.
Done