10 Perintah Penting di CMD Windows - Mas Fadli
News Update
Loading...

Saturday, 25 April 2020

10 Perintah Penting di CMD Windows

CMD atau Command Prompt merupakan salah satu alternatif untuk mengoperasikan sistem operasi Windows. Misalnya untuk menyalin file atau melihat isi dari sebuah folder.


Sebenarnya CMD sama halnya dengan terminal yang ada di Linux. Tapi untuk pengguna Winndows kurang begitu akrab dengan perintah perintah yang ada didalamnya, karena aktifitas sudah di manjakan dengan interface yang cukup menarik dan mudah.
Meskipun seperti itu kita minimal harus tau apa saja perintah penting yang ada di dalam CMD. Oleh karena itu mimin akan bahas di artikel kali ini. Berikut ini adalah 10 perintah penting yang ada di CMD.

1. Systeminfo
Perintah ini untuk memberikan informasi rinci tentang komputer atau laptop kita. Seperti versi os yang digunakan, processor yang digunakan, dll.


2. Ipconfig
Perintah ini berfungsi untuk menampilkan konfigurasi jaringan/IP yang ada di komputer atau laptop kita.


3. Ping
Perintah ini berfungsi untuk melakukan pengecekan berjalan atau tidak koneksi internet yang ada di komputer atau laptop kita. Perintah ini akan mengirimkan pesan ICMP ke tujuan untuk memastikan apakah sudah terhubung atau belum.


4. Tracert
Perintah ini untuk menampilkan rute atau jalur yang kita gunakan untuk mencapai suatu alamat IP atau domain.

5. Netstat
Perintah ini memonitor jaringan terkait dengan koneksi port antara alamat IP yang terhubung dan status koneksinya.

6. Tasklist
Perintah ini hampir mirip dengan task manager. Dimana perintah ini akan memunculkan semua service yang sedang berjalan di komputer atau laptop kita.

7. Taskkill
Perintah ini berguna untuk menghentikan service aplikasi yang sedang berjalan di komputer atau laptop. Untuk menggunakan perintah ini terlebih dahulu harus menggunakan perintah tasklist untuk melihat service apa saja yang sedang berjalan.

8. Shutdown
Perintah ini digunakan untuk mematikan komputer atau laptop. Perintah shutdown /r /o banyak digunakan untuk mengakses safe mode dan recovery utilites windows.

9. Sfc /scannow
Perintah ini digunakan untuk memindai dan memperbaiki jika ada file system windows yang rusak. Perintah ini dapat digunakan dengan menggunakan run as administrator CMD.

10. Nslookup
Perintah ini biasa digunakan untuk mengetahui IP dari sebuah domain.

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
Selamat datang di masfadli.com. Semoga apa yang saya tuliskan dapat bermanfaat untu kalian semua. Jika ada kritik dan saran kalian isikan dikolom komentar ya. Selamat membaca.
Done