Pengertian dan Fungsi IDE (Integrated Developer Enviroment) - Mas Fadli

Wednesday 4 March 2020

Pengertian dan Fungsi IDE (Integrated Developer Enviroment)

Integrated Developer Enviroment (IDE) adalah program komputer yang ditujukan unutk membantu para programmer.

IDE berfungsi untuk menyediakan beberapa fasilitas serta semua untilitas yang diperlukan untuk membangun sebuah perangkat lunak.

Beberapa fasilitas dasar yang dimilik IDE:
  • Editor yaitu tempat untuk menuliskan kode.
  • Compiler yaitu alat penerjemah basaha programmer ke bahasa mesin.
  • Debugger yaitu alat yang digunakan untuk membantu programmer dalam mengoreksi kesalahan kode sumber program yang dibuat.
Sekarang ini kebanyakan IDE sudah dilengkapi dengan fasilitas Intelligent Code Completion. Fitur ini berfungsi untuk memberikan saran kepada programmer ketika sedang menulis sebuah program.

Sebelum adanya fitur Intelligent Code Completion, seorang programmer akan membuat rancangan Flowchart dan Punched Cards dengan sangat matang sebelum dikirim ke compiler. Dan semuanya dilakukan dengan manual tanpa ada bantuan fitur debugger yang dapat memberitahu programmer ketika ada kesalahan dalam penulisan program yang mereka buat.

Berikut ini beberapa contoh dari IDE:
  • Code::Blocks
  • Dev C++
  • Geany
  • NetBeans

Share with your friends

1 comment

  1. A brand new tools for great accounting, budgeting, and bookkeeping i have discovered for my commercial enterprise downloadable at https://www.excel-accounting-budget-analysis.com . As it has command for financial analysis for entrepreneurship business for accounting to put together income assertion, stability sheet, coins observe declaration and invoicing. Financial evaluation budgeting current 12 months and future 12 months also can be finished at need for long-time period forecasting.

    ReplyDelete

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done
close