Macam Macam BlueScreen Pada Laptop atau PC - Mas Fadli

Saturday, 14 March 2020

Macam Macam BlueScreen Pada Laptop atau PC

Blue screen atau layar biru adalah istilah yang populer untuk layar yang ditampilkan Microsoft Windows ketika terdapat kesalahan sistem. Ada beberapa penyebab munculnya blue screen ini diantaranya driver yang kurang update/error, kesalahan memori, dan registri yang rusak.


Nah blue screen sendiri terdapat beberapa macam antara lain:

1. PAGE_FAULT_IN_NONPAGED_AREA
Penyebab blue screen yang satu ini adalah terjadi kerusakan pada hardware, utamanya pada memory (RAM) dan memory processor (L2 cache).

2. INACCESSIBLE_BOOT_DEVICE
Penyebab blue screen ini dikarenakan posisi jumper pada hardisk yang salah lalu bisa juga karena driver IDE controller yang salah dan virus boot sector.
Solusinya adalah periksa terlebih dahulu kabel IDE, bersihkan virus pada boot sector dan atur kembali jumper pada hardisk.

3. VIDEO_DRIVER_INIT_FAILURE
Penyebabnya adalah adanya kesalahan pada saat installasi driver VGA. Solusinya instal ulang driver VGA dan pastikan driver sudah ter-update.

4. BAD_POOL_CALLER
Biasanya terjadi karena kesalahan pada saat install OS (biasanya Windows XP). Solusinya pastikan kases CD installer tidak rusak atau corrupt. Jika sudah dipastikan aman tapi tetap terjadi blue screen, mungkinsaja terjadi kerusakan pada hardware.

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done