Jenis-Jenis Keamanan di Jaringan Wifi - Mas Fadli

Friday, 3 January 2020

Jenis-Jenis Keamanan di Jaringan Wifi

Saat ini WiFi merupakan salah satu teknologi yang digunakan untuk mengirim atau menukar data dan juga koneksi jaringan secara wirelles/nirkabel dan tidak membutuhkan arus listrik sama sekali.


Sekarang ini WiFi sangat banyak digunakan baik di perkantoran maupun di rumah. WiFI sendiri digunakan untuk mengirimkan koneksi internet ke perangkat lain seperti laptop dan smartphone.


WiFi sendiri menggunakan 3 jenis protokol yang sering digunakan yaitu:

1. WEP (Wired Equivalent Privacy)

Protokol kemanan WEP pertama kali diluncurkan dan dirarifikasi oleh IEEE 802.11 pada tahun 1999. Sayangnya jenis protokol ini tidak cukup aman untuk pengguna WiFi karena memiliki celah yang mudah di bobol oleh para hacker.

2. WPA (WiFi Protected Access)

WPA dikembangkan oleh WiFI Alliance, dibuatnya WPA ini karena WEP dianggap masih kurang aman untuk para pengguna WiFi. WPA sendiri masih memiliki metode enkripsi yang sama dengan WEP yaitu RC4 namun dilengkapi dengan TKIP (Temporal Key Integrity Protocol) untuk meningkatkan kemampuan enkripsi.

3. WPA2 (WiFi Protected Access 2)

Jenis protokol ini merupakan yang paling kuat daripada jenis protokol yang lain. Perbedaan antara WPA dan WPA 2 adalah dari hal integritas data dan juga metode enkripsi. Pasalnya WPA2 sendiri menggunakan metode enkripsi AES (Advanced Encryption Standar) yang jauh lebih komplek dari RC4.

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done