5 Tanda Smartphone Terkena Virus - Mas Fadli
News Update
Loading...

Tuesday, 1 October 2019

5 Tanda Smartphone Terkena Virus

Mendengar kata virus sepertinya sudah tidak asing lagi bagi sebagian orang. Ada juga yang langsung merasa kawatir jika gadgetnya terkena serangan virus tanpa disadari. Pasalnya virus tidak hanya dapat merusak data namun juga merugikan secara meteril. Seperti halnya phishing attack atau mengambil data orang untuk kegiatan yang tidak baik.


Oleh sebab itu, kita harus selalu waspada akan keberadaan virus yang ada di gadget kita. Jangan sampai kita menjadi korban penipuan akibat virus tersebut. Nah, karena itu mimin akan membahas apa saja tanda-tanda jika smartphone kalian terkena virus.

1. Batera cepat habis ketika tidak digunakan
Sudah sewajarnya jika kinerja baterai semakin lama akan menurun. Tapi menjadi tidak wajar ketika daya baterai berkurang secara drastis ketika sedang tidak digunakan atau dalam penggunaan sewajarnya.
Bisa jadi dengan tanda itu smartphone mu sudah terkena virus. Untuk cara mengatasinya coba cek di pengaturan lalu ke aplikasi apakah ada aplikasi yang terinstall sendiri atau tidak. Jika ada segera uninstall aplikasi itu.

2. Performa HP sangat buruk (lemot poll)
Hal ini bisa disebabkan karena smartphone mu sedang mengunduh cache yang berisi malware berbahaya. Darimana asalnya? bisa saja ketika kamu browsing dan tanpa sengaja mengklik pop-up yang muncul atau bisa juga di website itu sudah diisikan malware. Untuk mengatasinya kamu bisa membersikan cache yang ada di aplikasi satu persatu.

3. Muncul iklan pop-up di layar utama
Munculnya iklan pop-up menjadi salah satu tanda bahwa hpmu sudah terkenal virus. Jika sudah seperti itu jangan sampai kamu mengklik iklan pop-up tersebut. Jika sampai kalian klik sama halnya kalian memberikan jalan untuk si peretas mengambil alih informasi penting dari hpmu. Untuk mengatasinya kalian bisa mengembalikan hp ke pengaturan pabrik dengan mengapus semua data yang ada.

4. Kuota internet cepat habis
Ini tidak berlaku kalau kalian suka streaming YT atau drakor ya :D. Namun, jika kalian rasa tidak suka steraming tapi kuota cepat habis bisa kalian cek di pengaturan > data usage (penggunaan data)  cek dah disitu aplikasi apa yang paling banyak memakan kuota, jika kalian rasa tidak pernah menginstall aplikasi tersebut langsung saja di uninstall, bisa jadi itu virus yang nyasar ke hp kalian.

5. Mengirim atau menerima SMS/Telepon aneh tanpa disadari
Ini merupakan tanda yang paling berbahaya, biasanya virus ini dikirim oleh peretas yang menggunakan teknik phising dimana aktivitasnya mengambil alih akun perbankan atau media sosialmu. Dan untuk mengatasinya segera hapus sms tersebut kemudian segera matikan otentikasi dua langkah di semua layanan yang ada di smartphonemu.

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
Selamat datang di masfadli.com. Jangan lupa memakai masker dan handsanitizer. Terapkan protokol yang ada ketika diluar rumah. STAY SAFE dan SELAMAT MEMBACA
Done