Pengertian dan Fungsi dari Fitur NFC - Mas Fadli
News Update
Loading...

Saturday, 21 September 2019

Pengertian dan Fungsi dari Fitur NFC

>>Apa itu NFC?

NFC adalah singkatan dari Near Field Communication yang intinya menciptakan sebuah komunikasi antar dua perangkay dengan cara mendekatkan atau menyinggungkan dua perangkat pada jarak beberapa centimeter saja.


NFC merupakan fitur konektivitas yang memungkinkan untuk berfungsi tanpa harus melakukan pengaturan pada smartphone atau bisa dibilang bekerja secara otomatis. Fitur ini sudah banyak diterapkan di beberapa smartphone seperti Nokia 3.1 plus, Xiaomi Mi 9, Samsung galaxy S10+.


>> Fungsi/Implementasi NFC

1. Metode Pembayaran
Dengan adanya fitur NFC di smartphone, pengguna tidak perlu lagi membawa kartu debit atau uang fisik untuk melakukan pembayaran ketika sedang berbelanja. Sekarang ini NFC sudah terinegrasi dengan beberapa layanan perbankan seperti e-money.

2. Pengganti Karcis Transportasi
Fitur NFC juga merubah sistem karcis pada angkutan transportasi sehingga lebih sederhana. Jika sebelumnya harus terlebih dahulu mengantri untuk membeli karcis sekarang bisa langsung menuju gates dengan tap NFC di smartphone ke NFC  tag pasif. Untuk menggunakannya pun cukup simpel, kamu hanya tinggal mengisi saldo tiket transportasi sebelum melakukan perjalanan.

3. Kunci Keamanan
Penggunaan NFC yang lainnya yaitu untuk dijadikan kunci keamanan. Pengguna dapat menggunakan fitur NFC untuk membuka pintu rumah atau kantor sebagai identitas, sehingga tidak perlu lagi membawa kartu fisik.

4. Mengakses informasi produk
Beberapa merek dagang juga mengimplementasikan NFC pada materi promosi seperti poster. Di poster tersebut sudah dilengkapi dengan NFC tag pasif, sehingga kamu tinggal menghubungkan NFC di smartphone untuk melihat informasi produk.

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
Selamat datang di masfadli.com. Jangan lupa memakai masker dan handsanitizer. Terapkan protokol yang ada ketika diluar rumah. STAY SAFE dan SELAMAT MEMBACA
Done