6 Bahaya Terlalu Sering Menggunakan Earphone/Headset - Mas Fadli

Monday, 9 September 2019

6 Bahaya Terlalu Sering Menggunakan Earphone/Headset

Mendengarkan musik menggunakan earphone/headset memang sangat menyenangkan, selain tidak menganggu orang yang ada disekitar, suara yang dihasilkan pun terdengar lebih jernih ketimbang tidak menggunakan earphone/headset.


Tapi terlalu sering menggunakan earphone/headset dapat berdampak negatif loh untuk kesehatan telinga itu sendiri. Oleh karena itu lebih baik gunakan earphone/headset dengan frekuensi suara yang tidak terlalu keras dan mengurangi waktu penggunaan headset.

Sebab jika terus dilakukan, penggunaan headset akan berdampak buruk untuk kesehatan dan keselamatan jiwa kalian. Penasaran apa saja bahaya yang ditimbulkan? Simak ulasan berikut ini.

1. Kerusakan permanen pada telinga
Pengguanan earphone yang terlalu sering dan dalam jangka waktu yang lama dapat menyebabkan merusaknya kemampuan pendengaran secara permanen pada seseorang. Hal ini disebabkan oleh telinga yang sudah tidak kuat laig menanggung beban suara keras dari earphone yang langsung terhubung ke lubang telinga, biasanya hal ini terjadi pada mereka yang masih berusia muda atau remaja.

2. Kehilangan pendengaran diusia 20-an
Berdasarkan penelitian, efek penggunaan earphone/headset yang berlebih memang tidak langsung terasa. Kerusakan akibat memakai earphone/headset yang berlebihan akan muncul secara perlahan yang biasanya mulai terasa ketika di usia 20-an. Di usia itu, si penderita secara perlahakn akan kehilangan pendengarannya.

3. Kerusakan otak
Gelombang elektromagnetik akibat memakai earphone/headset ini diduga berpengaruh terhadap listrik otak. Terbukti gelombang elektromagnetik ini berpengaruh pada listrik otak tikus (media eksperimen). Namun, hingga saat ini belum diketahi seberapa besar efek dari gelombang elektromagnetik itu pada manusia.

4. Ambang pendengaran
Paparan musik yang di dengar melalui earphone/headset dapat mempengaruhi ambang pendengaran manusia, terutama bila mendengarkan musik dengan volume yang keras dan dalam jangka waktu lama. Secara perlahan efek ini akan mengarah pada gangguan pendengaran secara permanen.

5. Infeksi telinga
Infeksi telinga kemungkinan terjadi di antara karyawan yang menggunakan headset di pusat panggilan (customer service) yang sibuk di mana karyawan mengenakan peralatan headset selama berjam-jam dihari kerja.

6. Radiasi
Menurut PC Magazine, semua ponsel dan earphone/headset bluetooth memancarkan radiasi. Namun, PC Magazine menyatakan bahwa earphone/headset bluetooth "memancarkan sejumlah radiasi kecil," atau jumlah yang lebih rendah dibandingkan dengan ponsel.

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done