5 Hal Sepele yang Membuat Baterai Laptop Cepat Rusak - Mas Fadli

Tuesday, 24 September 2019

5 Hal Sepele yang Membuat Baterai Laptop Cepat Rusak

Setiap laptop yang kita miliki pasti membutuhkan perawatan yang baik agar kemampuan atau performanya selalu bagus dan pastinya tahan lama. Begitu juga dengan baterai laptop yang harus dirawat dengan baik agar tidak cepat rusak. 


Namun, ada beberapa hal yang sering kita lakukan malah membuat baterai laptop kita rusak tanpa disadari. Apa saja yang bisa membuat baterai kita cepat rusak? Cuss kita bahas

1. Mencabut baterai saat laptop sedang digunakan
Ada sebagian orang yang beragumen bahwa dengan mencabut baterai laptop akan membuatnya semakin awet. Namun kebiasaan itu malah membuat baterai laptop cepat rusak karena sumber daya utama laptop berasal dari listrik colokan.
Bahanya, saat listrik tiba-tiba mati maka secara otomatis laptop yang baterainya dicaput akan mati juga dan bisa meningkatkan resiko kerusakan perangkat yang lainnya.

2. Menggunakan laptop di atas kasur atau benda empuk
Kebiasaan ini mungkin sangat sering dilakukan, termasuk mimin :D. Sebenarnya kebiasaan ini bisa membuat baterai laptop cepat rusak karena benda empuk tersebut menyerap panas dan menghambat keluarnya hawa panas dari laptop itu sendiri. Dengan seperti itu laptop mu akan menjadi over heat dan akan berefek pada masa penggunaan baterai laptopmu.

3. Menunda isi daya baterai ketika daya dibawah 20 persen
Membiarkan daya baterai dibawah 20 persen dan menunda untuk mengecas dapat memperpendek usia baterai. Rata-rata baterai li-ion memiliki siklus pengisian daya 500-1500 kali, tergantung kualitasnya juga. Dengan membiarkan kapasitas baterai li-ion hingga 0 persen sama halnya dengan menghabiskan 1 kali siklus pengisian daya.

4. Membiarkan charger tetap menancap ketika baterai sudah penuh
Mungkin untuk beberapa laptop model terbaru sudah ada fitur Auto Cut OFF yang bertugas untuk memotong atau menghentikan aliran listrik ketika indikator baterai sudah menunjukkan 100 persen.
Tapi untu laptop generasi lama kebiasaan ini dapat membuat baterai dan komponen lainnya terpapar panas, walalupun dampaknya tidak akan langsung terasa.

5. Sembarangan men-charge
Maksdunya adalah ketika kamu men-charge laptop dengan tegangan yang tidak pas atau tidak menggunakan charge original yang tidak sesuai ketentuan tegangannya dengna laptopmu. Bisa jadi jika baterai laptopmu mendapat tegangan yang lebih besar akan menjadikannya cepat rusak.

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done