Asal Usul Emoji dan Penggunanya - Mas Fadli

Wednesday, 10 July 2019

Asal Usul Emoji dan Penggunanya

Emoji pertama diciptakan pada tahun 1999 oleh Shigeta Kurita. Ada 176 emoji orisinil yang diciptakan oleh Kurita, seorang operator telekomunikasi jepang NTT DoCoMo.

Dalam penggunaan pesan elektronik, emoji memiliki banyak ragam, mulai dari ekspresi wajah, objek benda, cuaca, dll.



Sekarang ini diprediksi ada lebih dari 6 miliar emoji yang dikirimkan perharinya dengan lebih dari 90% dibagikan secara online.

Emoji sendiri merupakan istilah dalam bahasa Jepang untuk karakter atau emoticon yang digunakan dalam pesan elektronik di jepang dan halaman web. Secara harfiah, emoji berasal dari 2 kata yaitu "e" artinya gambar dan "moji" artinya huruf.

Emoji merupakan sebuah pesan atau bahasa baru?

Ada beberapa orang yang menyebutkan bahwa emoji merupakan bahasa baru di dunia teknologi. Alasannya karena emoji bisa mewakili kata-kata dengan aturan berlaku dan mengekspresikan ide-ide yang kompleks.


Namun emoji belum mampu untuk menjadi sebuah bahasa baru. Sebab emoji belum bisa menerjemahkan semua kata dari bahasa pada umumnya. Seperti menjelaskan bersih, feminis, etika.

Dari itu semua dapat disimpulkan bahwa emoji merupakan salah satu ungkapan ekspresi yang digunakan manusia untuk memperkuat pesan yang disampaikan.

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done