6 Keunggulan Sistem Operasi Android - Mas Fadli

Tuesday 16 July 2019

6 Keunggulan Sistem Operasi Android

Berbicara tentang handphone, banyak sekali jenis sistem operasi yang digunakan. Hingga hanya menyisakan 2 sistem operasi yang masih menguasi pasaran smartphone yaitu Android OS dan iOS Apple.



Nah kali ini masfadli.com akan membahas 6 Keunggulan Sistem Operasi Android.

1. Memiliki 2,5 miliar pengguna aktif di dunia

Per Mei 2019, Google secara resmi mengumumkan bahwa ada lebih dari 2,5 miliar pengguna aktif Android di seluruh dunia.
Android juga menguasai 75,27% market share di seluruh dunia dan menyisakan 22,74 persen untuk iOS. Di Indonesia sendiri Android menguasai 93,32% market share dan menyisakan 5,52% untuk iOS.

2. Banyak tipe smartphone yang bisa dipilih

Sistem operasi Android berbasis open source, sehingga OS ini bisa diadaptasi oleh berbagai merek smartphone. Seperti Samsung, Vivo, Oppo, Lenovo, dll. Selain itu, Smartphone Android dijual dengan harga yang lebih terjangkau dibandingkan dengan smartphone keluaran Apple.

3. Bisa dikustom sendiri

OS Android yang berbasis open source, membuat penggunanya bebas melakukan kostumisasi sesuai dengan yang diinginkan atau biasa dikenal dengan "oprek" Android.
Namun sebelum melakukan oprek Android, pengguna harus memiliki ilmu yang mumpuni. Sebab jika asal oprek dapat membahayakan smartphone itu sendiri.

4. Otomatis terintegrasi dengan layanan Google

Perangkat Android secara otomatis akan terintegrasi dengan layanan Google. Hal ini disebabkan karena OS Android merupakan OS yang dikembangkan oleh Google.

5. Lebih banyak aplikasi gratis

Berdasarkan laman Statista pada Maret 2019, ada sekitar 2,9 juta aplikasi yang ada di Google Play Store. Sementara, AppStore ada sekitar 1,8 juta aplikasi. Hal ini membuat Google PlayStore menjadi toko virtual terbesar di Dunia.

6. Sistem operasi diperbarui lebih cepat

Android Q akan segera dirilis, hal ini membuktikan bahwa Android lebih cepat diperbarui dan dikembangkan. Kelemahan yang terjadi akan segerta ditangani oleh tim pengembang dan selalu memberikan fitur yang baru.

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done
close