5 Hal Sepele yang Membuat Laptop Cepat Rusak - Mas Fadli
News Update
Loading...

Tuesday, 30 July 2019

5 Hal Sepele yang Membuat Laptop Cepat Rusak

Bagi sebagian orang merawat laptop adalah suatu kewajiban agar laptop tersebut tetap awet hingga waktu yang lama. Tapi, tak jarang juga meskipun laptop tersebut sudah dirawat dan digunakan secara hati-hati malah rusak tanpa alasan yang jelas. Mungkin aja itu efek dari kalian yang nggak baca buku petunjuk penggunaan laptop yang ada didalam kardusnya. Padahal isi dari buku petunjuk itu sangat penting buat keberlangsungan dan keawetan laptopmu.


Banyak penyebab jika laptopmu rusak tanpa alasan. Mulai dari cara menggunaan yang biasa aja sampai yang ekstrem (pencet tombol power pakek kaki).


"Aku loh makek laptopnya biasa-biasa aja"
"Laptopku loh cuma di pakek buat nonton film"
"Laptopku loh ......"

Itu sedikit contoh kata-kata yang sering diucapin jika secara tiba-tiba laptopnya rusak dan ketemu sama anak IT yang dianggap paham dengan semuanya. Tapi ingat bro, banyak hal sepele yang kalian cuekin ketika makek laptop. Apa saja hal sepele itu? Cus kita bahas dibawah ini.

1. Memasang kabel charge terlebih dahulu ke laptop daripada ke colokan listrik

Nah loh siapa yang sering kayak gini? Seharusnya colokin dulu ke arus listrik baru colokin ke laptopmu.
Emang kenapa alasannya? Jadi gini bro, loncatan arus listrik pas baru pertama dicolokin itu nggak stabil dan kalo kamu slalu kayak gitu siap siap aja motherboardmu bakal rusak dalam waktu yang cepat. Buruan tobat ya biar laptopmu lebih awet lagi :D

2. Mengangkat laptop dengan memegang layarnya

Kamu yang punya laptop dengan ukuran 13 inchi pasti pernah atau bahkan sering mengangkat laptop tapi yang di pegang layarnya. Ya meskipun laptopmu terbilang ringan tapi mending udahin deh kebiasaan kayak gtu, karena hal itu berbahaya buat engsel LCD nya dan LCD kalian rawan bocor (muncul garis hitam dilayar).

3. Menutup laptop dalam keadaan hidup

Jika kamu menutup laptop dalam keadaan hidup dan dalam waktu yang lama, akan berpengaruh di bagian LCD. Hal itu disebabkan oleh panas yang keluar dari keyboard atau badan laptop. Otomatis panas tersebut akan mengumpul di layar laptop dan layar LCD mu akan cepat mati. 

4. Melepas Batrai dan mengandalkan charge yang langsung ke colokan listrik

Mungkin sebagian dari kalian berpikir jika melepas batrai akan membuat batrai tersebut awet, ya emang betul kan batrainya nggak di pakek jadi awet, 
Tapi, hal ini akan berdampak lain dan merusak mainboard laptop. Sebab jika tidak ada batrai dalam laptop maka yang akan terjadi adalah loncatan daya yang masuk tidak akan teratur dan sewaktu-waktu dapat menyebabkan korsleting, parahnya jika tiba-tiba mati listrik dengan keadaan laptopmu yang dicolok tanpa ada batrai, ya tinggal tunggu waktunya saja buat berpisah sama laptopmu.

Nb : nggak berlaku buat batrai tanam

5. Sering main laptop di atas kasur.

Nah kalo ini mimin banget nih. Jangan ditiru ya :D Kalau kalian menggunakan laptop diatas kasur bakal berakibat pada panas laptop yang berlebihan karena kaki-kaki penyangga laptop tidak cukup ruang untuk membuat kolong dibawahnya lega. Akibatnya lubang tertutup dan udara panas tidak bisa keluar, memang tidak akan langsung rusak tapi jika sering seperti ini siap-siap aja kalau laptopmu rusak.

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
Selamat datang di masfadli.com. Semoga apa yang saya tuliskan dapat bermanfaat untu kalian semua. Jika ada kritik dan saran kalian isikan dikolom komentar ya. Selamat membaca.
Done