6 Tips untuk Menghindari Berita Hoax - Mas Fadli

Tuesday 11 June 2019

6 Tips untuk Menghindari Berita Hoax


Berita hoax adalah sebuah informasi yang sungguhnya tidak benar, tetapi di buat seolah-olah benar dan ada. 

Akhir-akhir ini pun banyak sekali berita hoax yang beredar dimasyarakat. Penyebaran berita hoax sendiri ada yang disengaja maupun tidak sengaja.

Penyebaran yang disengaja dilakukan oleh orang-orang yang memang bertujuan untuk memecah belah masyarat sedangkan penyebaran yang tidak disengaja dilakukan oleh orang biasa yang tidak tahu sumber dan keaslian berita tersebut.

Nah supaya kamu terhindar dari berita hoax, coba perhatikan 6 tips berikut ini.
1. Lihat keanehan berita
Berita hoax biasanya memiliki judul yang bombastis atau menarik perhatian agar terlihat mengejutkan si pembaca. Isinya juga menggunakan bahasa yang provokatif dan memanfaatkan isu-isu yang sedang tren, isu sara, tokoh-tokoh terkenal dan instansi pemerintah atau swasta.

2. Perhatikan sumber berita
Pastikan berita tersebut ditulis oleh media atau sumber yang memiliki reputasi dan akurasi yang baik serta telah terverifikasi oleh dewan pers. Jika berita tersebut berasal dari organisasi yang tidak dikenal atau media yang belum terverifikasi oleh dewan pers ada kemungkinan bahwa berita yang di tulis itu hoax.

3. Periksa tanggal
Berita hoax biasanya tidak menyertakan tanggal kejadian yang bisa diverifikasi oleh pengguna, Ada juga berita yang tanggal peristiwanya sudah diubah.

4. Periksa foto dan video
Sama halnya dengan pesan teks, foto dan video yang diterima lewat media sosial jangan langsung dipercaya begitu saja. Karena ada kemungkinan foto dan video tersebut sudah dimanipulasi sehingga menyesatkan  penerimanya. Untuk menelusuri sumber foto yang dicurigai, kalian dapat memanfaatkan fitur reverse search di google images.

5. Periksa bukti pendukungnya
Periksalah sumber informasi yang digunakan oleh penulis berita tersebut untuk mengetahui akurasinya. Kurangnya bukti atau digunakan ahli yang tidak disebutkan namanya dapat mengindikasikan bahwa berita tersebut merupakan hoax.

5. Lihat laporan lainnya
Sebelum mempercayai dan meneruskan sebuah berita yang dikirim lewat Whatsapp baiknya periksa ke situs yang terpercaya. Jika tidak ada sumber berita lainnya yang melaporkan berita yang sama, hal tersebut dapat mengindikasikan bahwa berita tersebut palsu dan jika berita tersebut juga dilaporkan oleh beberapa sumber yang anda percaya, maka kemungkinan besar berita tersebut benar

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done
close