Mengenal Macam- Macam DNS Server - Mas Fadli

Friday, 24 May 2019

Mengenal Macam- Macam DNS Server


Setelah kemarin membahas tentang Pengertian, Fungsi dan Cara Kerja DNS Server sekarang mimin akaan update tentang Macam-Macam DNS Server.

Ada 3 macam DNS Server. Apa saja itu? langsung saja kita bahas.

1. Primary (master)
Primary adalah pemegang daftar lengkap dari sebuah domain yang dikelolanya. Server ini memegang kendali penuh atas domainnya. 


Misalnya server smkislam1blitar.sch.id memegang penuh atas kendali dari *.smkislam1blitar.sch.id.

Kendali penuh yang dimaksud adalah server ini akan bertanggung jawab untuk di tanyai tentang nama-nama host yang berdomain smkislam1blitar.sch.id dan beberapa sub domain dibawahnya.

2. Secondary (slave)
Server ini adalah backup dari primary server. Sama halnya dengan primary, secondary ini juga memegang daftar lengkah dari sebuah domain. 

Andaikan ada perubahan pada primary server maka secondary server ini akan terus mengikutinya secara periodik. Oleh karena itu, secondary memerlukan izin dari primary server untuk melakukan sinkronisasi atau biasa disebut dengan zona transfer.

Secondary Server ini berfungsi sebagai backup bila primary server terjadi crash atau sedang sibuk.

3. Cache
Cache tidak memiliki daftar nama-nama host dari domain terntentu. Ia hanya mencari jawaban dari beberapa DNS server terdekat. Setelah jawaban di dapatkan maka data akan disimpan dalam cache untuk keperluan yang akan datang.

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done