Pengertian dan Perbedaan Virus, Spyware, Worm, Trojan dan Malware - Mas Fadli

Wednesday, 13 March 2019

Pengertian dan Perbedaan Virus, Spyware, Worm, Trojan dan Malware


1. Virus

Virus adalah program yang ditulis atau di desain khusus untuk menyerang celah kemanan pada sistem jaringan komputer dan juga komputer atau laptop pribadi.

Tujuan utama virus adalah untuk menghancurkan sistem komputer dan mencuri segala data-data yang ada didalam komputer dan dapat menyebabkan oemilih komputer mengalami kerugian puluhan ribu bahkan puluhan juta rupiah untuk memulihkan kembali sistem komputer mereka.

2. Worm

Worm adalah program yang bisa mengaktifkan dirinya sendiri tanpa bantuan dari pihak ketiga. Maksudnya adalah jika worm sudah berhasil masuk kedalam komputer atau jaringan komputer maka worm ini dapat berpindah ke komputer lain di dalam sebuah jaringan secara otomatis tanpa dapat dicegah oleh pemilik komputer lain yang ada di dalam jaringan tersebut.

Worm tidak akan mampu menginfeksi sebuah sistem komputer bila celah keamanan di dalam jaringan komputer itu sudah ditutup atau ditambal (patch). Artinya virus akan lebih mudah menginfeksi jaringan komputer yang ter-pacth dibanding dengan worm.

3. Trojan

Trojan adalah program yang dibuat seperti program lainnya dan berguna pada pengguna komputer (crack, game atau yang lain) yang ketika diinstall ke dalam komputer dapat memata-matai, mencuri data dan mengirimkan ketukan pada keyboard ke alamat yang telah ditentukan oleh pembuatnya tanpa diketahui si pengguna komputer tersebut.

Komputer yang sudah terinfeksi trojan akan membuka jalan kepada penyerang atau orang yang tidak dikenal untuk mencuri data dari komputer tersebut.

4. Spyware

Spyware adalah program komputer yang dibuat untuk memata-matai komputer korbanya. Spyware akan mengumpulkan dan mencuri informasi sebanyak-banyaknya untuk bisa digunakan para penjahat cyber.

Hal yang paling sering menjadi sasaran adalah username dan password untuk situs perbankan, email, portal dan sebagainya.

5. Malware (Malicious Software)

Malware adalah aplikasi komputer yang khusus dibuat dengan tujuan mencari celah dan kelemahan software.

Malware dirancang untuk menganggu atau menolah software dengan tujuan mengumpulkan informasi yang mengarah pada hilangnya privasi atau eksploitasi atau mendapatkan akses tidak sah ke sumber daya sistem.

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done