Cara Konfigurasi SNTP (Simple Network Time Protocol) di Mikrotik - Mas Fadli
News Update
Loading...

Friday, 8 March 2019

Cara Konfigurasi SNTP (Simple Network Time Protocol) di Mikrotik


Pengertian SNTP

SNTP atau System Network Time Protocol adalah salah satu protocol yang digunakan untuk mensinkronkan antara waktu yang ada di mikrotik dengan waktu di keadaan nyata. Tujuannya adalah untuk memaksimalkan rule yang sudah di buat atau di konfigurasi.

Fungsi SNTP

Fungsi SNTP Client adalah untuk memaksimalkan rule yang sudah di buat dan juga agar catatan log yang ada di dalam mikrotik sesuai dengan waktu kejadian/kapan log tersebut dibuat.

Pool NTP yang digunakan di Indonesia

  • id.pool.ntp.org
  • asia.pool.ntp.org 
  • nasa.pool.ntp.org

Langkah Konfigurasi

1. Masuk ke dalam mikrotik melalui software Winbox

2. Pastikan router dan komputer sudah mendapatkan akses internet baik itu secara dhpc maupun statik. Jika belum kalian dapat membaca artikel berikut ini yang membahas hal tersebut.
3. Jika sudah masuk ke menu System > NTP Client

4. Isikan sesuai gambar di bawah ini ya
  • Enable = Ceklis atau yes
  • Mode Unicast 
  • Primary address = id.pool.ntp.org


5. Jika sudah di isi langsung saja klik apply dan domain yang diisikan tadi akan secara otomatis berubah menjadi alamat IP

6. Sekarang kita cek apakah waktu di router mikrotik sudah sama atau belum. Masuk ke menu System > Clock. Akan muncul tampilan seperti di bawah ini.

7. Jika waktu yang ada di router belum sama. Rubah pada bagian Time Zone Name yang semula Manual menjadi "Asia/Jakarta". Jika sudah langsung saja klik Apply dan Time akan secara otomatis berubah sesuai dengan waktu nyata. 

Itu tadi Cara Konfigurasi SNTP di Mikrotik. Semoga bermanfaat bagi kalian semua dan terimkasih atas support yang diberikan. Jika ada kritik dan saran langsung saja kalian tuliskan di kolom komentar ya. Salam Literasi.

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
Selamat datang di masfadli.com. Semoga apa yang saya tuliskan dapat bermanfaat untu kalian semua. Jika ada kritik dan saran kalian isikan dikolom komentar ya. Selamat membaca.
Done