Membuat Aplikasi Kamus Bahasa Inggris dengan Visual Basic 10 || Kerja Proyek - Mas Fadli

Friday, 22 February 2019

Membuat Aplikasi Kamus Bahasa Inggris dengan Visual Basic 10 || Kerja Proyek

Pengertian Visual Basic

Visual Studio 2010 pada dasarnya adalah sebuah bahasa pemrograman komputer. Dimana pengertian dari bahasa pemrograman itu adalah perintah-perintah atau instruksi yang dimengerti oleh komputer untuk melakukan tugas-tugas tertentu. Visual Studio 2010 (yang sering juga disebut dengan VB .Net 2010) selain disebut dengan bahasa pemrograman, juga sering disebut sebagai sarana (tool) untuk menghasilkan program-progam aplikasi berbasiskan windows. Beberapa kemampuan atau manfaat dari Visual Studio 2010 diantaranya seperti :
  1. Untuk membuat program aplikasi berbasiskan windows.
  2. Untuk membuat objek-objek pembantu program seperti, misalnya :  kontrol ActiveX, file Help, aplikasi Internet dan sebagainya.
  3. Menguji program (debugging) dan menghasilkan program berakhiran EXE yang bersifat executable atau dapat langsung dijalankan.
Visual Studio 2010 adalah bahasa yang cukup mudah untuk dipelajari. Bagi programer pemula yang baru ingin belajar program, lingkungan Visual Studio dapat membantu membuat program dalam sekejap mata. Sedang bagi programer tingkat lanjut, kemampuan yang besar dapat digunakan untuk membuat program-program yang kompleks, misalnya lingkungan net-working atau client server.

Bahasa Visual Studio cukup sederhana dan menggunakan kata-kata bahasa Inggris yang umum digunakan. Kita tidak perlu lagi menghafalkan sintaks-sintaks maupun format-format bahasa yang bermacam-macam, di dalam Visual Basic semuanya sudah disediakan dalam pilihan-pilihan yang tinggal diambil sesuai dengan kebutuhan. Selain itu, sarana pengembangannya yang bersifat visual memudahkan kita untuk mengembangkan aplikasi berbasiskan Windows, bersifat mouse-driven (digerakkan dengan mouse) dan berdaya guna tinggi.

Alasan Menggunakan Visual Basic 10
Visual basic merupakan bahasa pemograman yang mudah dipelajari, dan juga memiliki beberapa keistimewaan, diantaranya :
  • Menggunakan platform pembuatan program yang dinamakan developer studio, yang memiliki tampilan dan sarana yang sama dengan Visual C++ dan Visual J++. Dengan begitu Anda dapat bermigrasi atau belajar bahasa pemrograman lainnya dengan mudah dan cepat.
  • Memiliki compiler handal yang dapat menghasilkan file executable yang lebih cepat dan lebih efisien dari yang sebelumnya.
  • Memiliki beberapa tambahan wizard yang baru. Wizard adalah sarana yang mempermudah di dalam pembuatan aplikasi dengan mengotomisasi tugas-tugas tertentu.
  • Visual Studio 2010 mempunyai beberapa fitur untuk pengembangan berbagai macam aplikasi yang diantaranya; Windows Development, Web Development, Office Development, Sharepoint Development, Cloud Development (Windows Azure), Silverlight Tooling, Multi-Core Development, Customizable IDE.

Hasil Pembuatan Aplikasi Kamus Bahasa Inggris

1. Tampilan utama aplikasi


2. Contoh penggunaan. Masukkan kata yang ingin di terjemahkan ke dalam bahasa inggris. Contoh Masukkan kata "Buku" di kolom pertama > Klik Go > Hasilnya akan muncul di kolom kedua



Download File Aplikasi dan File Laporan Pembuatan

File Laporan Hasil Pembuatan Aplikasi Kamus Bahasa Inggris dengan Visual Basic 10 (.docx) KLIK DISINI
File Aplikasi Kamus Bahasa Inggris (.exe) KLIK DISINI


Share with your friends

4 comments

  1. kenapa tidak bisa diunduh?

    ReplyDelete
    Replies
    1. terimakasih infonya. Coba saya cek terlebih dahulu dan jika masih eror saya perbaiki linknya.

      Delete
    2. Link download sudah di perbarui kak. Coba di ulang lagi ya downloadnya. Maaf klo tadi sempet eror linknya

      Delete

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done