Cara Install SLIMS 8 AKASIA di Windows dengan XAMPP - Mas Fadli

Sunday, 17 February 2019

Cara Install SLIMS 8 AKASIA di Windows dengan XAMPP

Pengertian Slims 8 Akasia

Slims 8 akasia merupakan perangkat lunak bebas (Open Soource) yang digunakan untuk memanajemen sebuah perpustkaan. Slims dilisensikan dengan GPL v3, sehingga siapa saja bebas merubah code yang ada didalamnya tanpa perlu membeli sebuah code lisensi terlebih dahulu.

Slims akasia dibangun dengan perangkah lunak gratis seperti PHP dan MySQL. Slims sendiri menyediakan banyak fitur seperti database biliografi, manajemen keanggotaan, dan banyak lagi yang dapat membantu dalam memanajemen tugas seorang pustakawan.

Cara Install Slims di Windows dengan XAMPP

1. Pastika kalian sudah memiliki CMS Slims akasia. Jika sudah langsung saja kalian pindah folder dari CMS akasia ke "Local Disk C > XAMPP > htdocs". Jangan lupa ganti nama folder tersebut sehingga mempermudah dalam pemanggilannya di web browser nanti.


2. Selanjuntya buat database yang nantinya digunakan untuk Slims akasia. Untuk langkah langsung lihat pada gambar dibawah ini ya.


3. Setelah membuat database, ketikkan di kolom search "localhost/NamaFolderSlims>" dan akan langsun muncul tampilan untuk memulai proses installasi. Klik "LETS START THE INSTALATION"
Contoh : localhost/slims



4. Nah setelah kalian klik LEST START THE INSTALATION" akan dialihkan ke langkah selanjutnya, yaitu pilihan antara upgrade atau install baru. Karena belum pernah install jadi klik "NEW INSTALL"
Nb :
  • Upgrade digunakan untuk memperbarui slims yang sudah ada
  • New Install digunakan jika kita belum pernah melakukan install slims akasia


5. Sekarang kita konfigurasi database. Isikan data tersebut sesuai dengan data database kalian ya.

  • Database Host : Localhost
  • Database Name : Sesuai dengan yang dibuat pada phpMyAdmin
  • Database Username : Sesuai dengan username yang kalian gunakan untuk masuk ke phpMyAdmin
  • Database Password : Sesuai dengan password yang kalian gunakan untuk masuk ke phpMyAdmin
  • Username : Isi sesuai keinginan. Digunakan untuk login ke dashboard slims
  • Password : Isi sesuai keinginan kalian ya.



6. Jika kalian mengisi langkah nomor 5 dengan benar maka akan langsung di alihkan ke tampilan Installation Completed artinya proses install Slims sudah berhasil. Nah di tampilan ini disertakan juga catatan untuk menghapus folder install yang ada di direktori 


7. Sesuai perintah di tampilan install terakhir tadi, kita harus menghapus direktori install yang ada di "Local Disk C > XAMPP > htdocs > Slims > Install". Gunanya adalah agar ketika kita memanggil folder dari slims di web browser kita tidak masuk lagi ke tampilan installasi


8. Jika sudah langsung kita coba untuk memanggil nama folder dari slims yang sudah kita install tadi. Dan jika benar maka akan muncul tampilan seperti ini.


9. Untuk masuk ke menu dashboard kalian klik garis 3 yang ada di pojok kanan atas. Kemudian kalian pilih Librarian Login. Kemudian akan langsung ke tampilan seperti gambar dibawah ini. Username dan password isikan sesuai dengan yang kalian masukkan di langkah awal-awal tadi ya.


10. Dan ini adalah tampilan dari dashboard slims 8 akasia. Disini kalian bebas memanajemen sistem perpustakaan. Untuk lebih fahamnya kalian coba sendiri ya.



Itu tadi Cara Install SLIMS 8 AKASIA di Windows dengan XAMPP. Jika ada kritik dan saran langsung kalian tuliskan di kolom komentar ya. Semoga bermanfaat dan salam literasi.

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done