Cara Blokir Paket ICMP (PING) di Mikrotik - Mas Fadli

Tuesday, 26 February 2019

Cara Blokir Paket ICMP (PING) di Mikrotik


Pengertian paket ICMP

ICMP atau Internet Control Message Protocol adalah salah satu protokol inti dari keluarga protokol internet. ICMP utamanya digunakan oleh sistem operasi komputer jaringan untuk mengirim pesan kesalahan yang menyatakan, sebagai contoh, bahwa komputer tujuan tidak bisa dijangkau.

ICMP berbeda tujuan dengan TCP dan UDP dalam hal ICMP tidak digunakan secara langsung oleh aplikasi jaringan milik pengguna. salah satu pengecualian adalah aplikasi ping yang mengirim pesan ICMP Echo Request (dan menerima Echo Reply) untuk menentukan apakah komputer tujuan dapat dijangkau dan berapa lama paket yang dikirimkan dibalas oleh komputer tujuan. (Wikipedia)

Fungsi Paket ICMP

Pada dasarnya ICMP digunakan ketika kita ingin menguji konektivitas jaringan yang telah dikonfigurasi atau sering disebut dengan PING jaringan.

Langkah Blokir Paket ICMP di Mikrotik

1. Masuk ke dalam Router Mikrotik melalui winbox.

2. Pastikan router sudah terhubung ke internet ya. Kalau router kalian belum terhubung ke internet bisa ikuti langkah "Konfigurasi DHCP Client di Mikrotik" atau "Konfigurasi IP Static di Mikrotik."

3. Jika sudah sekarang masuk ke menu Firewall > Filter Rule > Klik Icon "+"


4. pada menu general di pilihan Chain > input > Protocol ICMP > In. Interface Eth2 
Nb : sesuaikan dengan yang ingin di blokir paket ICMPnya


5. Di menu Action pilih Drop > Apply > OK

5. Sekarang waktunya uji coba konfigurasi. Jika pada proses PING tidak muncul kata "Request Time Out" tidak perlu kawatir langsung saja cek di bagian Filter Rule tadi apakah Tx dan Rx nya berjalan atau tidak. Jika berjalan berarti konfigurasi sudah berhasil.


Itu tadi Cara Blokir Paket ICMP (PING) di Mikrotik. Jika ada kritik dan saran langsung saja kalian tulis di kolom komentar ya. Semoga bermanfaat dan salam literasi.

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done