Ayo Jadi Blogger - Nulis itu Asik Kok - Mas Fadli

Saturday, 16 February 2019

Ayo Jadi Blogger - Nulis itu Asik Kok


Assalamualaikum Wr. Wb. 

Blogger, mungkin kata-kata ini belum umum di telinga masyarakat luas. Nyatanya, menjadi Blogger juga bisa dikatakan sebuah pekerjaan dan bukan hanya sekedar hobi . Halo, saya Fadli hari ini saya akan membahas apa saja sih yang saya kerjakan sebagai seorang blogger dan apa sih alasan saya mengajak Ngeblog?

Perkenalan Diri


Sepertinya, jika saya langsung membahas intinya, mungkin kawan-kawan semua akan sedikit bingung dengan ajakan saya menjadi seorang blogger. Pertama, saya akan memperkanalkan diri.

Nama saya Agus Nuri Fadli, saya menjadi blogger selama 3 tahun kebelakang, hanya saya fokus saya menjadi seorang blogger muncul 1 tahun terakhir ketika saya menjalani masa prakerin di BLC Telkom Klaten.

Pengalaman NgeBlog

Menjadi seorang blogger sudah saya mulai sejak kelas 1 SMK, dimana waktu itu setiap siswa jurusan TKJ diminta untuk membuat sebuah laman blog yang nantinya digunakan untuk mengupload tugas yang sudah di berikan oleh salah satu guru di jurusan TKJ. Dari situalah saya mulai mengenal dunia blogger ya meskipun blog tersebut tidak saya lanjutkan dan akhirnya saya lebih memilih menghapus blog tersebut.

Seperti yang saya katakan di awal tadi fokus menjadi seorang blogger masih muncul 1 tahun terakhir ketika saya menjalani masa prakerin di BLC Telkom Klaten. Ya ketika prakerin setiap siswa diwajibkan memiliki laman blog yang digunakan sebagai absen dan laporan kegiatan setiap harinya. 

Selain sebagai absen tujuan saya kembali ke dunia blogger adalah untuk membagikan ilmu yang telah saya dapat selama ini supaya dapat bermanfaat bagi orang lain dan juga sebagai catatan pribadi yang tidak akan hilang kecuali blog tersebut saya hapus. 

NgeBlog bisa Dapet Duit Nggak?

Mungkin ada sebagian orang yang memiliki pertanyaan seperti di atas. Awalnya saya tidak kepikiran apakah dengan saya menulis bisa mendapatkan uang atau tidak. Tapi, berjalannya waktu saya teringat akan ucapan dari Bapak Umar bahwa dengan menulis kita bisa mendapatkan penghasilan tambahan. 

Seiring berjalannya waktu saya mulai iseng untuk mendaftarkan blog saya ke Google Adsense. Hasilnya blog pertama saya tidak mendapatkan respon apapun dari pihak Google. Akhirnya saya memutuskan untuk membuat akun blog baru dan memulainya dari awal, selang 1 bulan blog tersebut saya daftarkan lagi ke Google Adsense dan yap blog tersebut langsung mendapatkan respon dari Google, akan tetapi butuh waktu 1 bulan untuk mendapatkan konfirmasi persetujuan dari pihak Google, Okelah yang penting blog saya sudah keterima dan bisa menjadi semangat tambahan dalam menulis sebuah artikel.


Pengalaman Pahit di Dunia Blogger

Mungkin sebagian orang mengira ketika sudah mendapatkan Adsense, kita dapat dengan mudah untuk mencari cara agar semakin cepat mendapatkan uang, salah satu caranya adalah dengan bom klik iklan. Namun, Google telah mengantisipasi akan hal tersebut.

Suspend akun Adsense, ya itu adalah pengalaman pertama saya mendapatkan teguran dari Google karena sistem pihak Google mendeteksi bahwa iklan yang ada di blog saya terdapat kecurangan sehingga saya lebih cepat mendapatkan penghasilan.

1 bulan akun Adsense harus tersuspend karena keisengan orang lain. namun saya tidak menyerah disitu. Saya tetap meneruskan untuk menulis artikel dengan tujuan semoga artikel saya bisa memberi manfaat bagi para pembaca.

Bulan Desember akun Adsense saya sudah dikembalikan lagi oleh Google akan tetapi penghasilan yang sudah saya dapatkan dipotong hampir 100% untuk mengganti uang yang telah di bayarkan pihak pemasang iklan. Sedih memang tapi itu sudah menjadi resiko di dunia blogger. Di bulan ini juga saya kembali ke titik terendah dan berjuang supaya artikel yang saya tulis dapat menduduki peringkat atas di mesin pencarian Google. Dan, alhasil beberapa artikel yang saya tulis sudah beradar di Page One mesin pencarian Google.

Yang saya hasilkan dari NgeBlog?

Mungkin kawan-kawan bertanya-tanya kenapa saya mengajak para pembaca terutama kamu untuk ngeblog. Apa untungnya menjadi blogger, apa yang bisa di dapat dari membuat artikel? Menjadi blogger bukan soal apa yang saya dapatkan atau seberapa banyak yang saya hasilkan. Menjadi blogger bagi saya adalah sebuah kesenangan. Membuat tulisan dan tulisan kamu di lihat banyak orang itu adalah sebuah pencapaian terbaik dalam hidup saya. Jangankan kaliann, keluarga saya juga tidak mengerti kenapa saya melanjutkan kegiatan ini hampir setiap hari mengetik di depan laptop bahkan sampai tidur dini hari hanya untuk membuat tulisan. Adapun hal yang saya dapatkan selain materi seperti berikut ini.
  1. Income (uang)
  2. Relasi (teman sesama blogger, forum, partner, dll)
  3. Pengalaman

Harus ya jadi blogger?

Saya sendiri tidak mengharuskan kamu menjadi blogger karena jalan hidup manusia dan ketertarikannya tentu jauh berbeda. Menjadi blogger bagi sebagian orang mungkin sangat susah dan tidak mungkin dilakukan jika tidak memiliki keahlian menulis. Singkat cerita, saya memiliki ketertarikan tertang makanan, masak, jalan-jalan, teknologi. Saya tidak memiliki ketertarikan terhadap menulis buku ataupun membuat konten. Bahkan, saya sendiri tidak ada ketertariakn terhadap membaca sebelumnya.

Menjadi seorang blogger bukan berarti kamu harus memiliki keahlian khusus dalam membuat konten. Kamu hanya perlu mengikuti apa yang menjadi kesukaanmu dan tuangkan itu kedalam sebuah tulisan. Jika kamu menyukai kegiatan traveling, Buatlah review tempat-tempat yang pernah kamu kunjungi sebelumnya, atau jika kamu sering mengunjungi tempat makan diberbagai daerah di indonesia, tuangkan pengalaman tersebut kedalam sebuah blog.

Lalu, apa benefit yang kamu dapat dari menuangkan pengalaman mu di blog? jika kamu bertanya secara pribadi kepada saya, saya akan menjawab kepuasa batin. Saat tulisanmu dibaca oleh banyak orang dan di komentari banyak orang pula, disana saya merasa sangat bergairah. Simpelnya, ini sama seperti kamu membuat status di facebook dan kamu mendapatkan komentar serta like yang banyak. Kamu akan sangat senang bukan? Terlepas dari kepuasan batin, udah pasti ada materi yang saya dapat. Jadi apa kamu harus menjadi seorang blogger? Silahkan tentukan sendiri.



Sekian pembahasan saya hari ini tentang Ayo Jadi Blogger, sebenarnya masih banyak yang harus di bahas dalam satu tema ini. Semoga bisa menginspirasi kawan-kawan untuk memulai blogging. Jika postingan ini dirasa bermanfaat silahkan bagikan ke sosial media dan jika ini masih kurang dan perlu perbaikan, silahkan komentar di kolom bawah. Saya akan menampung semua aspirasi kawan-kawan untuk kemajuan blog ini.

Wassalamualikum Wr. Wb.

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done