Pengertian, Fungsi dan Cara Kerja HTTPS - Mas Fadli

Thursday, 17 January 2019

Pengertian, Fungsi dan Cara Kerja HTTPS


Apa itu HTTPS?

HTTPS adalah singkatan dari hypertext transfer protocol secure merupakan suatu protokol komunikasi dalam jaringan internet. HTTPS dapat diartikan sebagai bentuk protokol internet yang paling valid dan yang paling aman. HTTPS ini akan melindungi integritas serta kerahasiaan antara situs dan komputer pengguna.

HTTPS merupakan protokol HTTP yang dilengkapi dengan sistem keamanan (security) berupa SSL (Secure Socket Layer). Ibarat kabel telepon, SSL merupakan lapisan yang melindungi serat kabel. HTTPS memberikan perlindungan aliran data dari serangan peretasan. HTTPS dapat melindungi data website, privasi pengguna, akun bank online, akun pengguna website dari tindakan cybercrime seperti peretasan dan mengurangi resiko pengelabuhan pengguna dengan web tipuan (phising). 


Apa itu SSL?

SSL kepanjangan Secure Socket Layer yang berperan sebagai lapisan pelindung dari protokol jaringan suatu website dengan melakukan enskripsi data. Enkripsi merupakan ilmu dari bidang kriptografi yang bertujuan untuk mengamankan data dari pihak-pihak yang tidak diinginkan.

Fungsi HTTPS

  • Menjaga keamanan website dari serangan hacker. Karena data yang dikirim di enkripsi terlebih dahulu.
  • Memberikan pengalaman yang lebih kepada para pembaca karena kevalidan informasi yang sedang dibaca.
  • Menjaga integritas website anda.

Cara Kerja HTTPS

1. Enkripsi
Enkripsi bertujuan untuk mengamankan pertukaran data. Dimana data yang anda kirim akan dirubah menjadi code-code yang tidak bisa dibaca oleh manusia secara langsung (harus dilakukan deskripsi data terlebih dahulu).

2. Integritas Suatu Informasi Data
Memberikan kemanan data ketika proses pertukaran data sedang berlangsung.

3. Autentifikasi
Sebelum data-data sampai ke tangan pengguna, server secara otomatis menyelidiki dan membuktikan apakah anda pemilik informasi tersebut. Kalau memang milik anda (valid), maka informasi itu akan disampaikan. Namun jika server mendeteksi data tersebut bukan milik anda (tidak valid) maka informasi tidak akan disampaikan kepada anda (error).

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done