Pengertian, Fungsi dan Cara Kerja HTTP - Mas Fadli

Wednesday, 16 January 2019

Pengertian, Fungsi dan Cara Kerja HTTP

Apa itu HTTP?

HTTP (Hypertext Transfer Protocol) merupakan istilah yang diberikan pada sebuah protokol dan dipergunakan untuk mengirimkan dokumen dari WWW (World Wide Web). HTTP dapat pula diartikan sebagai protokol jaringan untuk pendistribusian sistem informasi hypermedia secara kolaboratif.

Sejarah Singkat HTTP

Protokol HTTP sendiri pertama kali digunakan pada sekitaran tahun 1990. Saat itu, yang dipakai adalah HTTP versi 0.9 yang masih berupa mentahan protokol transfer data. Artinya, data dikirimkan tanpa melihat tipe dokumen yang dikirimkan.

Lalu sekitar 6 tahun kemudian pada 1996, terdapat perkembangan dari protokol HTTP sehingga berubah menjadi HTTP versi 1.0. Versi ini masih terus dikembangkan hingga pada 1999 diluncurkan versi 1.1 yang sudah berhasil mengakomodasi proxy, cache,serta koneksi yang persisten.


Fungsi HTTP

  • Untuk mengkomunikasikan satu komputer dengan lainnya.
  • Untuk menentukan bagaimana sebuah data atau pesan dapat ditransmisikan maupun diformat menjadi bentuk yang dapat merespon browser untuk menampilkan data-data tersebut.


Cara Kerja HTTP

  1. Komputer klien membuat sambungan, lalu mengirimkan permintaan dokumen ke web server.
  2. HTTP Server merespon permintaan tersebut. Sedangkan Klien menunggu jawaban dari server.
  3. Web server merespon permintaan dengan kode status data, lalu baru menutup sambungan ketika telah selesai memproses permintaan.

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done