Pengertian, Fungsi dan Cara Kerja VPN - Mas Fadli

Saturday, 1 December 2018

Pengertian, Fungsi dan Cara Kerja VPN


Apa itu VPN?

VPN atau Virtual Private Network merupakan sebuah koneksi antara suatu jaringan dengan jaringan lain secara pribadi melalui jaringan internet (publik).Kenapa VPN disebut dengan Virtual Network dan Private Network? Karena dalam hal ini VPN menggunakan jaringan internet sebagai media perantaranya dan Private Network dikarenakan VPN bersifart pribadi atau hanya orang-orang tertentu yang dapat mengaksesnya.

Dalam implementasinya VPN digunakan disebuah perusahaan yang dimana perusahaan tersebut membutuhkan ruang sendiri di internet, misalnya perusahaan tersebut memiliki komunitas bisnis yang memerlukan keamanan jaringan tersendiri.

Apa Fungsi VPN?

Fungsi dari VPN adalah memberikan koneksi internet yang sangat aman antar jaringan pribadi yang terhubung dengan internet. Dikatakan aman karena data yang dikirimkan melalui VPN akan secara otomatis terenkripsi sehingga rahasia data tersebut tetap terjaga, meskipun pengiriman data tersebut menggunakan jaringan internet.

3 Fungsi utama dari VPN :
1. Confidentially (kerahasiaan)
Teknologi VPN memanfaatkan jaringan publk yang tentunya sangat rawan terjadinya pencurian data. Oleh karena itu VPN menggunakan metode enkripsi untuk mengacak data yang lewat. Confidentially ini dimaksudkan agar informasi yang ditransmisikan hanya boleh diakses oleh sekelompok pengguna yang berhak.

2 Data Intefrity (keutuhan data)
Transfer data melalui internet sebenarnya data tersebut telah berjalan sangat jauh melintasi berbagai negara. Pada saat perjalanan tersebut, berbagai gangguan dapat terjadi terhadap data yang dikirimkan. Pada protokol VPN terdapat sebuah teknologi yang dapat menjaga data mulai dari data dikirim hingga data sampai ke tujuan.

3. Origin Authentication (autentikasi sumber)
VPN akan melakukan pemeriksaan terhadap semua data yang masuk dan mengambil informasi dari sumber datanya. VPN akan menjamin semua data yang dikirim dan diterima berasal dari sumber yang seharusnya dan juga menjamin tidak ada yang dipalsukan ataupun dikirim ke tujuan yang lain.

Cara Kerja VPN

1. VPN mendukung banyak protokol jaringan seperti PPTP, L2TP, IPsec dan SOCKS.
2. VPN Client dapat membuat sambunga dan mengidentifikasi orang-orang yang berwenang dalam jaringan tersebut.
3. Jaringan VPN juga dienkripsi akan meningkatkan fitur keamanan, hal ini membuat VPN terkadang tidak terlihat ketika dalam jaringan yang lebih besar

Kelebihan dan Kekurangan VPN

Kelebihan VPN :
1. Fitur kemanan yang terjamin
2. Solusi untuk sebuah organisasi dalam menjaga keamanan data atau informasi

Kekurangan VPN :
Dengan menyediakan akses ini ke karyawan secara global, faktor keamanan menjadi resiko tersendiri.

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done