Manfaat dari Jaringan Komputer - Mas Fadli

Saturday, 15 December 2018

Manfaat dari Jaringan Komputer


Berbicara mengenai jaringan komputer pasti tidak akan ada habisnya. Nah sebelum membahas jauh tentang jaringan komputer, apa kalian tau apa saja manfaat dari jaringan komputer?


Apa itu Jaringan Komputer?

Jaringan komputer adalah sekumpulan komputer komputer yang saling terhubung dan saling berkomunikasi baik menggunakan kabel ataupun nirkabel. Lebih lengkapnya baca DISINI


Manfaat Jaringan Komputer

Sebelumnya, untuk mengetahui manfaat dari jaringan komputer dapat dilihat atau ditinjau dari, mengapa orang tertarik menggunakan dan untuk apa jaringan itu dipakai?

Terdapat 4 tinjauan manfaat dari jaringan komputer yaitu :

1. Resource Sharing (Berbagi Pakai)
Resource sharing bertujuan agar seluruh program, perangkat dan data dapat digunakan oleh setiap orang yang berada didalam satu jaringan tersebut tanpa terpengaruh oleh lokasi sumber dan siapa saja pemakainya.

2. High Reliability (Kehandalan Tinggi)
Tujuan selanjutnya adalah untuk mendapatkan kehandalan yang tinggi dengan tersedianya beberapa sumber alternatif. Sehingga jika mesin satu sibuk dapat digantikan oleh mesin yang lain dalam melayani permintaan penggunanya.

3. Saving Money (Penghematan Uang)
Komputer berukuran kecil memiliki rasio harga dan kinerja yang lebih baik banding dengan komputer besar, komputer main frame memiliki kecepatan sepuluh kali lipat dari komputer pribadi (Personal Computer), tetapi harganya lebih mahal.

Oleh sebab itu perancang jaringan komputer lebih memilih menggunakan komputer pribadi dalam sistem jaringan dengan data utama di simpan pada komputer server.

4. Scalability (Skalabilitas)
Untuk meningkatkan kemampuan kinerja secara bertahap dan sesuai kebutuhan, cukup dengan menambah processor tanpa harus mengganti server yang sudah ada.


3 Daya tarik jaringan komputer

  • Akses informasi yang berbeda meskipun ditempat yang jauh
  • Komunikasi orang ke orang
  • Hiburan interaktif

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done