Pengertian, Fungsi dan Cara Kerja dari FTP (File Transfer Protocol) - Mas Fadli

Friday, 16 November 2018

Pengertian, Fungsi dan Cara Kerja dari FTP (File Transfer Protocol)


Pengertian FTP

FTP atau File Transfer Protocol merupakan sebuah protokol yang digunakan untuk bertukar file melalui jaringan sebagai medianya. FTP sendiri digunakan untuk men-download atau men-upload sebuah file dari server ataupun ke server. 

Defaultnya FTP berjalan pada port 21 didalam protokol TCP/IP. Layanan FTP juga dapat diatur dalam jaringan public, dimana semua orang dapat mengakses data yang ada di dalam FTP Server dengan mudah. Selain itu FTP juga dapat di atur menjadi privat, dimana hanya akun yang terdaftarlah yang dapat mengakses data yang ada di dalam FTP Server.

Syarat-syarat menggunakan FTP:
  1. Komputer client sudah terinstall FTP-Client. Misalnya FileZilla, WinSCP
  2. Klien memilik infomasi yang cukup mengenai FTP server. Misalnya username/password dan domain/ip address yang digunakan untuk mengakses FTP Server

Fungsi FTP

  1. Media transfer file dua arah
  2. Menyediakan transfer file yang efisien dan reliebel
  3. Bagi seseorang yang memiliki sebuah website, FTP dapat mempermudah dalam melakukan backup website dengan mudah
  4. Dapat melakukan indirect maupun implicit remote komputer

Cara Kerja FTP 

Untuk cara kerjanya, terlebih dahulu FTP client harus meminta koneksi kepada FTP server, jika sudah terhubung dengan FTP server maka FTP client dapat melakukan pertukaran data seperti upload dan download data.

Metode yang digunakan oleh FTP adalah metode autentifikasi standar. Dimana diperlukannya username dan password untuk dapat mengakses atau melakukan proses download/upload dari FTP Server ke FTP Client.

Perbedaan FTP Server dan FTP Client

FTP Server adalah komputer yang memberikan layanan pertukaran/pengiriman data kepada klien yang meminta. Dengan syarat FTP klien harus meminta (request) terlebih dahulu kepada FTP Server.

FTP Client adalah komputer yang meminta layanan pertukaran data/infomasi kepada FTP Server. Setelah klien terkoneksi dengan FTP Server, Client dapat melakukan proses download/upload sesuai dengan izin yang diberikan oleh FTP Server.

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done