Pengertian dan Fungsi CMS (Content Management System) - Mas Fadli

Sunday, 18 November 2018

Pengertian dan Fungsi CMS (Content Management System)

Apa itu CMS?

Content Management System atau sering disebut dengan CMS merupakan suatu perangkat lunak yang digunakan untuk menambahkan atau memanipulasi isi dari sebuah situs web. Sesorang yang menggunakan CMS tidaklah diwajibkan untuk menguasai bahasa pemograman web terlebih dahulu, dikarenakan dalam CMS sendiri sudah disediakan berbagai macam tools. CMS sendiri memiliki 2 elemen yaitu:
  • CMA (Content Management Application) atau aplikasi manajemen isi merupakan elemen yang digunakan untuk mengelola konten tanpa harus memahami suatu bahasa pemograman web untuk melakukan penambahan, perubahan dan penghapusan isi suatu situs web
  • CDA (Content Delivery Application) atau aplikasi pengiriman isi merupakan elemen yang menggunakan dan menghimpun informasi yang telah dirubah atau ditambahkan oleh pemilik situs web
Baca Juga:
Macam-Macam CMS yang Sering Digunakan

Fungsi CMS

Salah satu point utama CMS adalah ditawarkannya berbagai macam kemudahan. Sehingga tidak akan membuat seorang pengelola situs web kebingungan karena belum mengetahui tentang bahasa pemograman web. 

Kemudahan itu ditawarkan dalam bentuk banyaknya tools yang membuat pengelola situs web hanya tinggal memilih apa yang harus ditambahkan atau dikurangkan dalam halaman webnya.

Secara prinsip fungsi dari CMS yaitu:
  • Mengelola website pribadi
  • Mengelola website perusahaan/bisnis
  • Pembuatan portal atau website komunitas
  • Sebagai galeri foto pribadi atau perusahaan
  • Aplikasi e-commerce

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done