Pengertian Bandwidth, Troughput dan Goodput - Mas Fadli

Monday, 26 November 2018

Pengertian Bandwidth, Troughput dan Goodput


Bandwidth

Bandwith adalah kapasitas maksimum dari suatu jalur komunikasi yang dipakai untuk mentransfer data dalam hitungan detik.

Jika dijabarkan Bandwith adalah jumlah data yang dapat mengalir dari satu tempat ke tempat lain dalam jumlah waktu tertentu yang diukur dalam jumlah bit yang (secara teoritis) dapat dikirim melintasi media dalam hitungan detik.

Troughput

Throughput adalah ukuran sebenarnya dari transfer bit ke media selama periode waktu tertentu.

Jika dijabarkan throughput adalah tingkat pengiriman pesan yang berhasil melalui saluran komunikasi. Data pesan-pesan ini dapat dikirim melalui tautan fisik atau logis, atau bisa melewati simpul jaringan tertentu. Throughput biasanya diukur dalam bit per detik (bit / s atau bps), dan terkadang dalam paket data per detik (p / s atau pps) atau paket data per slot waktu .

Goodput

Goodput adalah kecepatan sebenarnya yang dialami oleh pengguna atau client ketika melakukan transfer data.

Jika dijabarkan goodputh  adalah throughput tingkat aplikasi (yaitu jumlah bit informasi berguna yang disampaikan oleh jaringan ke tujuan tertentu per unit waktu). Jumlah data yang dianggap tidak termasuk bit overhead protokol serta paket data yang dikirim ulang. Hal ini terkait dengan jumlah waktu dari bit pertama dari paket pertama yang dikirim (atau dikirim) sampai bit terakhir dari paket terakhir dikirimkan.


=> Contoh faktor yang menyebabkan goodput lebih rendah dari pada throughput adalah:

  • Protokol overhead : Biasanya, lapisan transport, lapisan jaringan dan kadang-kadang lapisan overhead layer datalink disertakan dalam throughput, namun dikeluarkan dari goodput.
  • Transport flow control layer dan congestion avoidance : Sebagai contoh, TCP slow start dapat menyebabkan goodput lebih rendah daripada throughput maksimum.
  • Retransmisi paket yang hilang atau rusak karena permintaan pengulangan repeat layer transport (ARQ), yang disebabkan oleh kesalahan bit atau packet dropping pada switch dan router yang macet, termasuk dalam lapisan datalink atau throughput layer jaringan namun tidak dalam goodput.

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done