Perbedaan PPPoE dan PPTP - Mas Fadli

Tuesday, 23 October 2018

Perbedaan PPPoE dan PPTP


A. Pengertian

*PPPoE
PPPoE (Point to Point Protocol Over Ethernet) adalah protokol enkapsulasi paket jaringan yang banyak digunakan pada Wide Area Network (WAN), protocol PPPoE bekerja pada layer 2 yaitu data link. PPPoE berfungsi supaya jaringan yang kita gunakan aman dari gangguan yang bersumber dari luar.


*PPTP
PPTP (Protokol Tunneling Point-to-Point) adalah metode usang untuk mengimplementasikan jaringan pritbadi virtual (VPN). PPTP menggunakan saluran kontrol TCP dan terowongan GRE untuk mengekapsulasi paket PPP.
PPTP telah menjadi subyek analisis keamanan dan kerentanan keamanan yang serius telah ditemukan dalam protokol.


B. Perbedaan 

PPPoE maupun PPTP sebenarnya sama saja dengan point-to-point, akan tetapi yang membedakan hanya implementasinya. PPPoE digunakan pada jaringan DSL sedangkan PPTP digunakan untuk membangun sebuah jaringan VPN.

PPPoE

Point to point protocol over Ethernet (PPPoE) adalah sebuah protocol jaringan yang berfungsi untuk mengenkapsulasi frame PPP ke dalam frame ethernet. PPPoE menyediakan fitur standart PPP autenfikasi, enkripsi, dan kompresi. Dengan adanya protocol ini, seseorang dapat melewati layer IP antara 2 port ethernet. secara virtual, port asal “menelpon” ke mesin ethernet lainnya dan membuat koneksi serial dengannya, lalu transport dapat dilakukan berdasarkan fitur PPP. 

PPPoE dapat mencegah berjalannya aplikasi netcut, hal itu dikarenakan netcut menyerang pada layer2. Ketik aplikas netcut diaktifkan aplikasi tersebut akan melakukan broadcast ARP pada jaringan dengan segment yang sama dengan PC penyerang, sehingga mendapatkan informasi MAC Address dan IP yang terpasang pada perangkat client di jaringan tersebut.

Setelah itu penyerang akan dengan mudah untuk melakukan pemutusan trafik jaringan atas sebuah client. Pemutusan tersebut dilakukan dengan mengirimkan informasi ARP palsu kepada router serta kepada client.


PPTP

PPTP adalah terowongan yang aman untuk mengangkut lalu lintas IP menggunakan PPP. PPP mengenkapsulasi PPP di jalur virtual yang berjalan diatas IP. Tujuan dari protokol ini adalah untuk membuat koneksi aman yang dikelola dengan baik antara router dan juga antara router dan klien PPTP. PPTP menggabungkan PPP dan MPEE (Microsoft Point to Point Encryption) untuk membuat sebuah tautan terenkripsi.

Fasilitas utama dari penggunaan PPTP adalah dapat digunakannya public-switched telephone network (PSTN) untuk membangun VPN. Pembangunan PPTP yang mudah dan berbiaya murah untuk digunakan secara luas menjadi solusi untuk remote user dan mobile user, karena PPTP memberikan keamanan dan enkripsi komunikasi melalui PSTN ataupun internet.

C. Kesimpulan
PPoE dan PPTP sebenarnya sama halnya dengan Point-to-Point. Yang membedakan hanyalah cara kerjanya, sedangkan fungsinya hampir sama yakni untuk mengamankan sebuah jaringan yang ada sehingga jaringan tersebut terhindar dari gangguan yang ada 





Share with your friends

Give us your opinion

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done