Pengujian keamanan jaringan, host dan server | Desain Keamanan Jaringan - Mas Fadli

Wednesday, 24 October 2018

Pengujian keamanan jaringan, host dan server | Desain Keamanan Jaringan


1.       Prosedur dan cara pengujian keamanan jaringan
Ketika kita terhubung dengan jaringan pastinya kita akan berpikir bagaimana cara kita memastikan jaringan sudah terhubungan dengan jaringan yang lain. Ada 2 cara untuk mengujinya yaitu dengan cara hadware dan software.
·         Secara Hardware :
a.     Perhatikan lampu indikator NIC nya. kalau warna hijau maka jaringan sudah oke.
b.     Perhatikan lampu indikator di hub atau switch apabila menyala maka jaringan sudah jalan.
c.      Teslah kabel jaringan dengan tester, apabila warna-warnanya aktif dan berturut-turut maka kabel jaringan dalam keadaan baik.
·         Secara software :
a.   Find computer pada neighbourhood indikasi bola telah terhubung adalah akan ditemukan komputer name yang sesuai dengan pencarian jika computare namenya benar.
b.   Double klik pada ikon neighbour akan muncul komputer name,selain computer name milik kita sendiri
c.   Windows explorer pada drive network neighbour hood akan muncul computer name selain milik kita sendiri.
d.   Ping IP addres komputer lain, maka akan mendapat balasan pengiriman data dari komputer yang kita hubungi sedang aktif dan dalam sistem jaringan yang sama dengan kita contoh. (Faris, 2016)
2.       Prosedur dan cara pengujian keamanan host
Proses pengujian yang dilakukan adalah sebagai berikut :
·         Memastikan koneksi Host atau Client dengan DHCP,DNS File Sharing dan Printer Sharing dapat bekerja dengan baik.
·         Memastikan host tersebut memiliki antivirus yang baik untuk membentengi host tersebut dari serangan dari luar.
·         Memastikan firewall yang bekerja pada host tersebut berfungsi sebagaimana mestinya. (Sulistiana, 2017)
3.       Prosedur dan cara pengujian keamanan server
Walaupun secara fisik hardware telah dipasang (komputer dan NIC, pengkabelan, konektor, dan HUB, dll), tapi jaringan komputer belum dapat difungsikan. Karena setiap device yang dipasang butuh driver yang harus diinstal dan perlu dikonfigurasikan terlebih dahulu. Selanjutnya akan dilakukan pengujian apakah komputer telah terhubung dengan benar, dan bisa berhubungan dengan Server jaringan lokal (LAN).
Langkah-langkahnya adalah :
1)    Konfigurasi network internet card
2)    Pemasangan kabel
3)    Pengaktifan switch
4)    Memberikan IP Address
5)    Mengidentifikasi komputer didalam jaringan
6)    Menguji konektifitas jaringan komputer
7)    Mengaktifkan firewall dan memberikan keamanan (budi, 2017)
FUNGSI FIREWALL
Mengontrol dan mengawasi arus paket data yang mengalir di jaringan.
Firewall berfungsi juga dalam mengaturm memfilter dan mengontrol lalulintas data yang diizinkan untuk mengakses jaringan privat yang dilindungi. Beberapa kriteria yang dilakukan firewall apakah memperbolehkan paket data lewati atau tidak, antara lain :
·         Alamat IP dari komputer sumber
·         Port TCP/UDP sumber dari sumber.
·         Alamat IP dari komputer tujuan.
·         Port TCP/UDP tujuan data pada komputer tujuan
·         Informasi dari header yang disimpan dalam paket data.
·         Melakukan autentifikasi terhadap akses kejaringan.
·         Applikasi firewall mampu memeriksa lebih dari sekedar header dari paket data. (Nimas, 2016)
Implementasi Firewall di Host
a.    Personal Firewall didesain untuk melindungi komputer terhubung ke jaringan dari akses yang tidak dikehendaki. Implementasinya dengan menambahkan beberapa fitur pengaman tambahan seperti proteksi terhadap virus, anti spyware, anti spam.
Implementasi Firewall di Server
b.    Network Firewall didesain untuk melindungi jaringan secara keseluruhan dari berbagai serangan yang umumnya dijumpai dalam dua bentuk, yaitu sebuah perangkat terdeteksi atau sebagai perangkat lunak yang diinstalasikan dalam sebuah server. Implementasinya dengan menggunakan Microsoft Internet Security and Acceleration Server (ISA Server), Cisco Pix, Cisco ASA. (devi, 2016)




DAFTAR PUSTAKA


budi, s. (2017, Januari 1). TATA CARA PENGUJIAN KEAMANAN JARINGAN HOST DAN SERVER. Retrieved from BLOGBERKAH: http://cezbud17.blogspot.com/2017/01/tata-cara-pengujian-keamanan-jaringan.html
devi, a. (2016, November 11). FIREWALL DI HOST DAN SERVER. Retrieved from KEAMANAN JARINGAN: http://alviralaveniadevi.blogspot.com/2016/11/firewall-di-host-dan-server-1.html
Faris, N. (2016, November 11). Pengujian Keamanan Jaringan, Host, dan Server. Retrieved from nabil faris - efisien dan hemat energi :v: http://nabilfaris.blogspot.com/2016/11/pengujian-keamanan-jaringan-host-dan.html
Nimas. (2016, Juli 23). Fungsi Firewall Pada Jaringan Komputer Lengkap dengan Pengertian, Manfaat dan Cara Kerjanya. Retrieved from PRO.CO.ID: https://www.pro.co.id/fungsi-firewall-pada-jaringan-komputer/
Sulistiana, I. (2017, Januari 18). Tata cara pengujian keamanan jaringan,host dan server. Retrieved from innasulis: http://innasulistiana15.blogspot.com/2017/01/tata-cara-pengujian-keamanan.html

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done