Pengertian IPv4 dan IPv6 - Mas Fadli

Tuesday, 23 October 2018

Pengertian IPv4 dan IPv6


IP address atau internet protocol address adalah deretan angka biner antar 32-bit (IPv4) sampai dengan 128-bit (IPv6) yang digunakan untuk pengalamatan atau pengidentifikasi setiap node/host (PC, laptop) dan jaringan komputer.
Setiap jaringan diperlukan alamat yang unik (unique address) bagi setiap node-nya agar paket dapat diantar sesuai dengan tujuan.

  • IPv4
Format IP Address terdiri dari 32-bit (digit biner) yang dibagi dalam bagian. Bagian tersebut disebut dengan octet dan setiap octet memiliki masing-masing isi 8 bit. Setiap octet memiliki nilai maksimal 255.

IPv4 yang terdiri 32-bit berfungsi sebagai identifier. Bagian pertama sebelah kiri adalah identifier jaringan (Network ID) dan bagian kedua/sisi sebelah kanan adalah identifier host (Host ID)

Alamat IPv4 dibagi menjadi 3 kategori dengan fungsi yang berbeda-beda, yaitu network address, host address dan broadcast address. Untuk pembagian kelas IPv4 dibagi menjadi 5 yaitu kelas A, B, C, D dan E. Tetapi yang digunakan hanya sampai dengan kelas C karena untuk kelas D dan E kebanyakan digunakan untuk uji coba atau penelitian.
  • IPv6
Alatat IPv4 yang diperkirakan akan habis membuat pengembangan alamat IPv6 ini sangat penting, karena diprediksi setiap perangkat elektronik akan mempunyai alamat IP sendiri , ditambah lagi sekarang terdapat metode teknologi baru bernama IoT (Internet of Thing) yang sedang gencar dan mendapat perhatian dari seluruh pengembang teknologi. Dalam IoT setiap perangkat memiliki alamat IP sendiri serta dapat bekerja secara otomatis.

IPv6 adalah jenis pengalamatan yang digunakan dalam protokol jaringan TCP/IP yang menggunakan internet versi 6. Panjang totalanya adalah 128-bit. Contohnya : 21da:00d3:0000:2f3b:02aa:00ff:fe28:9c5a

Dalam Ipv6 alamat 128-bit dibagi menjadi 8 blok yang setiap bloknya berukuran 16-bit dan dapat dikonversi menjadi bilangan heksadesimal. Setiap blok dipisahkan dengan tanda titik dua (:).

Paket IPv6 terdiri dari dua bagian yaitu: Paket Header dan Paket Payload.
Ukuran paket Header terdiri dari 40 oktet (320 bit) yang terdiri dari:
  • versi, 4 bit.
  • Traffic class, 8 bit.
  • Label Flow, 20 bit.
  • Panjang Payload, 16 bit.
  • Header berikutnya, 8 bit.
  • Batasan hop, 8 bit.
  • alamat tujuan, 128 bit
  • alamat asal, 128 bit
Ukuran panjang Payload adalah 16 bit dan bisa membawa maksimum 65535 oktet.

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done