Pengalaman MUM MIkrotik User Meeting 2018 Yogyakarta - Mas Fadli

Saturday, 27 October 2018

Pengalaman MUM MIkrotik User Meeting 2018 Yogyakarta


MUM? MUM (Mikrotik User Meeting) merupakan event tahunan yang diselenggarakan oleh vendor router ternama yakni MikroTik. MUM sendiri merupakan konferensi mengenai perangkat lunak MikroTik RouterOS dan perangkat keras RouterBOARD. Dimana kita akan bertemu dengan staf MikroTik, distributor utama, pelatih dan konsultan resmi, serta teknisi jaringan berpengalaman. 

Event ini diselenggarakan di berbagai negara salah satunya di Indonesia. Di Indonesia sendiri event MUM di adakan di Yogyakarta tepatnya di Yogyakarta Marriott Hotel pada tanggal 19-20 Oktober 2018. Namun, sehari sebelumnya (18 Oktober 2018) diadakan acara Meet & Greet. Spesialnya pada event ini juga menjadi tanda 10 Tahun digelarnya MUM di Indonesia



Kegiatan Meet & Greet ini ditujukan untuk registrasi ulang bagi setiap peserta dan juga pemberian souvernir kepada setiap peserta yang sudah hadir. Souvernir tersebut berupa: 
  1. Baju
  2. Bolpoin
  3. Buku (Produk MikroTik)
  4. Stiker
  5. Tas
Pada acara Meet & Greet juga disediakan jamuan makanan, dimana setiap peserta bebas untuk mengambil makanan mana saja yang ia sukai. Beberpa jam sebelum acara Meet & Greet telah diadakan final Olimpiade Jaringan Mikrotik Tingkat Nasional Se-SMK TKJ yang dimenangkan oleh SMK N 1 Nglegok Blitar.

Final Olimpiade Jaringan Mikrotik

Berapa sih biaya untuk mengikuti event MUM?
Untuk mengikuti event ini pihak mikrotik menyediakan 2 model pendaftaran, yaitu:
  1. Berbayar ($30) 
  2. Free (Gratis)
Lalu apa sih yang membedakan 2 model pendaftaran tersebut?  
  1. Berbayar : Setiap peserta akan mendapatkan lisensi dari MikroTik dan juga makan siang pada saat jam istirahat
  2. Free : Peserta tidak mendapatkan lisensi dan tidak mendapatkan makan siang dari pihak MikroTIk

Apa bahasa yang digunakan? Topik apa saja yang dibahas? Untuk event ini bahasa yang digunakan adalah Bahasa Indonesia namun untuk pemateri yang berasal dari luar Indonesia boleh menggunakan Bahasa Inggris pada saat melakukan presentasi. Nah untuk topik yang bahas, saya kira cukup menarik ya, karena topik-topik ini belum pernah saya dapatkan disekolah. berikut ini list tentang topik yang dibahas:
  • Jaringan nirkabel
  • Autentikasi pengguna dan akuntansi
  • Routing dinamis
  • Desain jaringan
  • Manajemen Bandwidth dan Kualitas Layanan
  • Keamanan
  • Administrasi Sistem dan Jaringan
  • Topik terkait MikroTik lainnya
Topik apa saja yang akan dibahas? Nah jika kalian penasaran apa saya sih materi yang kita dapatkan dalam event ini, kalian dapat mengunjunginya di laman resmi MUM Mikrotik. Nah disitu kalian juga dapat langsung mendownload PPT dari setiap pemateri dan juga menyaksikannya di channel YouTube Mikrotik Indonesia. 

Pengalaman? Kalau berbicara mengenai pengalaman yang didapat jelas lah sangat banyak. Karena saya baru pertama kali mengikuti event ini. Loh terus dari mana tau event ini? Saya tau event ini dari salah satu teman saya waktu PKL di BLC Telkom Klaten. Dari situalah saya mulai penasaran tentang event ini, kebetulah juga event ini diselenggarakan pada bulan oktober dimana sekolah saya pada bulan itu sudah tidak ada kegiatan penting seperti UTS dll. 
Berangkat dari Blitar pada tanggal 17 Oktober 2018, tanpa ada teman sekolah yang ikut kegiatan ini dengan alasan jarak yang lumayan jauh. Tapi, itu tidak menyurutkan niat saya untuk hadir dalam event tahunan ini. Nah kebetulan teman seperjuangan ketika prakerin dulu ada yang juga hadir dalam event ini, ya meskipun beda kota. 
Foto bareng Mrs. Arnis Riekstins CTO MikroTik

Mengikuti event ini merupakan pengalaman yang berharga bagi saya, karena telah menambah minat saya di dunia jaringan dan menyadarkan saya bahwa saya masih harus banyak berlatih supaya dapat menjadi seperti para ahli di dunia jaringan. 

Recommended atau tidak event ini? Menurut saya pribadi, mengikuti event ini sangat saya sarankan bagi kalian yang masih ingin  belajar di dunia jaringan maupun untuk kalian yang sudah ahli di bidan jaringan. Karena dengan mengikuti event ini pengetahuan kalian akan semakin bertambah dan membuat kalian lebih bersemangat lagi dalam mempelajari bidang jaringan. Nggak bakal lah kalian nyesel kalo ikut event ini, bahkan bisa jadi kalian ketagihan untuk ikut event ini.

Event yang keren banget bahkan saya dan teman-teman berniat untuk mengikutinya di tahun depan. Semoga niatan itu bisa terwujud dan kami tetap bisa menjalin tali silaturahmi diantara kami semua.  

Untuk info lebih lanjut mengenai MUM (Mikrotik User Meeting) kalian bisa kunjungi langsung di website resminya https://mum.mikrotik.com 

Jangan lupa baca juga artikel teman saya mengenai event ini. Langsung saja kalian klik dibawah ini:



Share with your friends

2 comments

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done