Kebutuhan Persyaratan Alat untuk Membangun Server Firewall | Desain Keamanan Jaringan - Mas Fadli

Wednesday, 17 October 2018

Kebutuhan Persyaratan Alat untuk Membangun Server Firewall | Desain Keamanan Jaringan


A.    Pengertian Server Firewall
server Firewall adalah sebuah firewall atau keamanan jaringan yang melindungi server dari berbagai jenis ancaman jaringan , yang juga dapat membatasi , menyaring atau  menolak akses pengguna jaringan dalam mengkases situs/konten tertentu di dalam sebuah jaringan ketika mengakses server tersebut. (Wenda, n.d.)

B.     Filtering Firewall
Paket Penyaringan Firewall adalah salah satu firewall paling dasar. Langkah pertama dalam melindungi pengguna internal dari ancaman jaringan eksternal adalah untuk menerapkan jenis keamanan ini. Firewall pertama yang digunakan hanya dari jenis paket penyaringan. Ketika tren ancaman jaringan mulai berubah, begitu pula strategi pembangunan firewall. Sebagian besar router memiliki pemfilteran paket yang sudah ada, tetapi masalah dengan router adalah bahwa, mereka sulit dikonfigurasi dan tidak menyediakan catatan ekstensif dari insiden.
Packet filtering firewall hanya mengizinkan paket-paket itu lewat, yang diizinkan sesuai dengan kebijakan firewall Anda. Setiap paket yang melewati diperiksa dan kemudian firewall memutuskan untuk lulus atau tidak. Pemfilteran paket dapat dibagi menjadi dua bagian:
1.      Pemindaian paket tanpa negara.
2.      Filter paket yang berguna. (Sharma, 2010)

C.    Proxy
suatu server yang menyediakan layanan untuk meneruskan setiap permintaan kita kepada server lain di internet. Dengan proxy, maka identitas komputer anda berupa IP menjadi tersembunyi dikarenakan yang dikenali server yang direquest adalah IP dari server proxy anda. Proxy ini pada umumnya digunakan untuk kegiatan menyembunyikan identitas atau untuk menghindari pemblokiran akses ke suatu server.               (Admin, 2012)
Fungsi Teknis dari Proxy Server

Apabila dijabarkan dari sisi fungsionalitasnya, secara teknis proxy server memiliki tiga buah fungsi teknis utama. Berikut ini adalah ketiga fungsi teknis utama dari sebuah proxy server:

1.       Fungsi Connection Sharing
Konsep dasar server proxy dan firewall, pengguna tidak langsung berhubungan dengan jaringan luar atau internet, tetapi harus melewati suatu gateway, yang bertindak sebagai batas antara jaringan lokal dan jaringan luar. Gateway ini sangat penting, karena jaringan lokal harus dapat dilindungi dengan baik dari bahaya yang mungkin berasal dari internet, dan hal tersebut akan sulit dilakukan bila tidak ada garis batas yang jelas jaringan lokal dan internet.
Gateway juga bertindak sebagai titik dimana sejumlah koneksi dari pengguna lokal akan terhubung kepadanya, dan suatu koneksi ke jaringan luar juga terhubung kepadanya. Dengan demikian, koneksi dari jaringan lokal ke internetakan menggunakan sambungan yang dimiliki oleh gateway secara bersamasama (connection sharing). Dalam hal ini, gateway adalah juga sebagai proxy server, karena menyediakan layanan sebagai perantara antara jaringan lokal dan jaringan luar atau internet.  (Romi, 2016)

2.       Fungsi Filtering
Fungsi teknis kedua dari proxy server adalah sebagai media filtering pada sebuah jaringan internet. Fungsi ini juga sering dikenal dengan istilah firewall, dimana setiap paket data yang ditransmisikan akan difilter dan discan, sehingga dapat mengurangi kegagalan, dan juga dapat membantu melindungi jaringan local dari serangan dan juga gangguan yang tidak diinginkan dari jaringan internet atau jaringan luar.
Fungsi filtering ini juga dapat mencegah agar komputer tidak teserang virus dan juga malware, yang dapat merugikan user komputer. Kelebihan dari fungsi filtering pada proxy server ini adalah dapat dilakukan konfigurasi untuk melakukan manajemen situs mana saja yang ingin dilakukan filtering, dan situs apa saja yang dapat ditolak oleh akses jaringan komputer kita. (S.Kom, 2015)

3.       Fungsi Caching
Caching merupakan proses penyimpanan objek dan data yang sudah pernah direquest oleh user ketika melakukan browsing dan melakukan koneksi internet pada aplikasi-aplikasi internet. Contohnya adalah, ketika kita membuka sebuah website, maka gambar dan juga objek di dalam website tersebut akan disimpan dalam bentuk cache.
Dengan adanya proxy server, maka proses caching akan lebih mudah untuk dilakukan, dimana setiap data dan juga objek yang sudah pernah diakses dan direquest sebelumnya akan disimpan ke dalam sebuah proxy server.
Itu adalah sekilas gambaran mengenai fungsi utama dari sebuah proxy server, apabila dari sisi teknis jaringannya. Kebanyakan proxy server dimanfaatkan dalam sebuah koneksi internet, yang menggunakan protocol jaringan TCP / IP. (Admin, Fungsi Proxy Pada Jaringan Komputer, 2015)

D.    Peralatan Pembangun Firewall
1.      Mengidenftifikasi bentuk jaringan yang dimiliki. Mengetahui bentuk jaringan yang dimiliki khususnya topologi yang di gunakan serta protocol jaringan, akan memudahkan dalam mendesain sebuah firewall.
2.      Menentukan kebijakan, Penentuan Kebijakan merupakan hal yang harus di lakukan, baik atau buruknya sebuah firewall yang di bangun sangat di tentukan oleh kebijakan yang di terapkan. Diantaranya:
a.       menentukan apa saja yang perlu dilayani.
b.      menentukan individu atau kelompok yang akan dikenakan kebijakan tersebut.
c.       menentukan layanan yang akan dibutuhkan oleh pengguna jaringan.

3.      Menyiapkan software atau hardware yang akan digunakan, baik itu operating system yang mendukung atau software khusus pendukung firewall seperti ipchains, atau iptables pada linux, dsb. Serta konfigurasi hardware yang akan mendukung firewall tersebut.
4.      Melakukan tes konfigurasi
Pengujian terhadap firewall yang telah selesai dibangun haruslah dilakukan, terutama untuk mengetahui hasil yang akan kita dapatkan, caranya dapat menggunakan tool - tool yang biasa dilakukan untuk mengaudit seperti nmap. Bastion Host adalah sistem/bagian yang dianggap tempat terkuat dalam sistem keamanan jaringan oleh administrator atau dapat disebut bagian terdepan yang dianggap paling kuat dalam menahan serangan, sehingga menjadi bagian terpenting dalam pengamanan jaringan, biasanya merupakan komponen firewall atau bagian terluar sistem publik. Umumnya Bastion Host akan menggunakan sistem operasi yang dapat menangani semua kebutuhan (misal , Unix, linux, NT). (Utomo, 2016)



Bibliography

Admin. (2012, September Selasa). Pengertian Proxy dan kegunaannya dalam jaringan internet. Retrieved from Belajar Komputer Mu: http://www.belajar-komputer-mu.com/2012/09/pengertian-proxy-dan-kegunaannya-dalam-jaringan-internet.html
Admin. (2015, Oktober Rabu). Fungsi Proxy Pada Jaringan Komputer. Retrieved from DosenIT.com: https://dosenit.com/jaringan-komputer/teknologi-jaringan/fungsi-proxy-pada-jaringan-komputer
Romi, B. (2016, April Senin). Sebutkan 3 macam fungsi dari server proxy Connection Sharing,Filtering dan Caching? Retrieved from KOMPUTER TEKNOLOGI: https://kom-tekno.blogspot.com/2016/04/sebutkan-3-macam-fungsi-dari-server.html
S.Kom, D. (2015, Oktober Senin). Fungsi Proxy Pada Jaringan Komputer. Retrieved from dosenit.com: https://dosenit.com/jaringan-komputer/teknologi-jaringan/fungsi-proxy-pada-jaringan-komputer
Sharma, G. D. (2010, Juni Senin). Packet Filtering Firewall: An Introduction. Retrieved from World Of Security: http://securityworld.worldiswelcome.com/packet-filtering-firewall-an-introduction
Utomo, L. (2016, November Senin). PERSYARATAN ALAT UNTUK MEMBANGUN SERVER FIREWALL. Retrieved from Newbie Berimajinasi: http://luhur04.blogspot.com/2016/11/persyaratan-alat-untuk-membangun-server.html

Wenda, L. (n.d.). Server Firewall. Retrieved from Teknik Komputer Jaringan: http://laluwenda.blogspot.com/2015/01/blog-post.html

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done