Kebijakan Penggunaan Internet | Desain Keamanan Jaringan - Mas Fadli

Monday, 15 October 2018

Kebijakan Penggunaan Internet | Desain Keamanan Jaringan



Pengertian Keamanan Jaringan


Keamanan jaringan adalah bentuk pencegahan atau deteksi pada hal yang bersifat gangguan dan akses tak seharusnya pada Sistem Jaringan Komputer.
Langkah-langkah pencegahan membantu menghentikan pengguna yang tidak sah yang disebut “penyusup” untuk mengakses setiap bagian dari sistem jaringan komputer . Tujuan Keamanan jaringan computer adalah untuk mengantisipasi resiko jaringan komputer berupa bentuk ancaman fisik maupun logik baik langsung ataupun tidak langsung mengganggu aktivitas yang sedang berlangsung dalam jaringan computer. (fajarshidiqhidayat, 2016)

1. Kebijakan Organisasi
Adalah suatu kebijakan organisasi, istansi atau lembaga dalam ruang lingkup
keamanan  jaringan untuk akses pada sistem jaringan di tempat tersebut. Diantara contoh dari kebijakan organisasi adalah : (Muhammad, 2018)
Tata kelola sistem komputer
Pengaturan kerapian pengkabelan
Pengaturan akses wi-fi
Manajemen data organisasi
Sinkronisasi antar sub-organ
Manajemen Sumber Daya
Maintenance & Checking berkala (Hariadi, 2017)

2. Etika menggunakan jaringan komputer
Setiap kita melakukan suatu kegiatan pasti ada aturan atau etika yang harus dilakukan, karena jika tidak bisa berdampak negative bagi kita sendiri maupun orang lain. Begitu juga saat menggunakan jaringan kita juga harus memperhatikan etika- etika yang berlaku. Diantaranya etika tersebut adalah :

Memahami Akses Pengguna
Memahami kualitas daya Organisasi
Pengaturan penempatan sub-organ (AMALIA, 2014)

3. Kebijakan mengakses komputer
Dalam suatu kebijakan pengguna jaringan” tidak jarang juga terdapat kebijakan pengguna saat mengakses computer” diantaranya adalah :
a. Manajemen pengguna
    Pengertian manajemen pengguna adalah pengelompkan client atau sehingga antara kelompok dari client satu dan kelompok lainnya memiliki hak akses dalam jaringan yang berbeda. Sebagai contoh user siswa dan user guru ketika mengakses jaringan di sekolah maka user guru mendapatkan bandwidth yang lebih besar dibandingkan dengan user siswa.
b. Manajemen sistem komputer
c. Manajemen Waktu akses
    Pengertian manajemen waktu akses adalah suatu kebijakan yang terkadang digunakan dijaringan seperti kantor dan sekolah, cara kerja dari kebijakan tersebut adalah pemblokiran akses diwaktu waktu tertentu, sebagai contoh ada beberapa kantor yang menutup akses ke facebook, twitter dan sosial media lainnya di jam kerja. (Admin, 2016)

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done