Install Cisco Packet Tracer 7.1 Linux Mint 18.3 - Mas Fadli
News Update
Loading...

Install Cisco Packet Tracer 7.1 Linux Mint 18.3

logo

A. Pengertian
     adalah simulator alat-alat jaringan Cisco yang sering digunakan sebagai media pembelajaran dan pelatihan, dan juga dalam bidang penelitian simulasi jaringan komputer. Program ini dibuat oleh Cisco System dan disediakan gratis untuk fakultas, siswa dan alumni yang telah berpartisipasi di Cisco Networking Academy. Tujuan utama Packet Tracer adalah untuk menyediakan alat bagi siswa dan pengajar agar dapat memahami prinsip jaringan komputer dan juga membangun skill di bidang alat-alat jaringan Cisco. 

B. Maksud dan Tujuan
    Instalasi packet tracer ini berguna untuk untuk merancang sebuah sistem atau topologi jaringan yang akan di terapkan pada dunia nyata/kerja, karena kalau kita merancang topologi jaringan komputer tanpa bantuan aplikasi seperti ini bisa  membutuhkan biaya yang mahal. Makanya cisco membuat aplikasi seprti ini agar orang dapat belajar tanpa membutuhkan biaya yang mahal. 

Baca Juga : Mengatasi PacketTracer 7.1 Tidak Mau Terbuka di Linux Mint 18.03

C. Fungsi
    Packet Tracer biasanya digunakan siswa Cisco Networking Academy melalui sertifikasi Cisco Certified Network Associate (CCNA). Dikarenakan batasan pada beberapa fiturnya, software ini digunakan hanya sebagai alat bantu belajar, bukan seabagai pengganti Cisco routers dan switches. oleh karena itu disini saya melakukan instalasi packet tracer untuk lebih memahami cara konfigurasi dan topologi di jaringan komputer. 

D. Peralatan
  • Komputer/laptop
  • Koneksi internet
  • Terminal linux mint
E. Prosedur
  1. Langkah pertama yang kita buka folder cisco packet traceer 7.1, di dalam folder klik kanan dan pilih open in terminal
  2.  Ketikkan perintah  "./INSTALL"
   


  1. klik enter melihat persyaratan
    

2. Klik "Y" untuk menerima persyaratan


3. Klik enter  untuk lokasi default instalasi cisco


4. Klik "Y" untuk access root


5.  Masukkan password root


6. install sedang berlangsung


7. Klik "Y" untuk membuat simbol dari packettracer


8. Install berhasil

    F. Kesimpulan
        setelah melakukan instalasi kita dapat memanfaatkan aplikasi packet tracer 7.1 untuk membuat topologi suatu jaringan sekaligus melakukan konfigurasinya agar setiap perangkat dalam jaringan itu dapat terhubung. 

    G. Referensi

    Share with your friends

    Give us your opinion

    Notification
    Selamat datang di masfadli.com. Jangan lupa memakai masker dan handsanitizer. Terapkan protokol yang ada ketika diluar rumah. STAY SAFE dan SELAMAT MEMBACA
    Done