Mengatasi Wifi Laptop HP yang Hanya 50% di Linux - Mas Fadli

Sunday, 16 September 2018

Mengatasi Wifi Laptop HP yang Hanya 50% di Linux


A. LATAR BELAKANG 
Dikarenakan masih kurangnya dan terbatasnya pengetahuan atau repost yang menjelaskan tentang Driver Wifi yang eror ketika Laptop HP install OS Linux, maka saya MengPost artikel ini guna agar temen" bisa mengatasi masalah tersebut, dan sebagai catatan buat Author.
Note : Sebenernya banyak yang menjelaskan tentang driver wifi yang sering eror pada Laptop HP ini, namun penyajiannya masih berupa Bahasa Inggris.


B. MAKSUD DAN TUJUAN
1. Wi-Fi bisa berjalan semestinya.
2. Fungsinya hampir sama dengan Tp-Link.
3. Tidak perlu menginstall Driver Wifi

C. ALAT DAN BAHAN
1. Laptop
2. CLI (Command Line / Terminal)
3. Bahasa Pemrograman Bash
4. Kecerdasan Emosional

D. JANGKA WAKTU
Untuk jangka waktu pemecahan masalah tersebut, Author dapat memecahkannya kurang lebih 1 1/2 jam (satu setengah jam). Untuk temen" mungkin tidak akan selama itu untuk mengikuti tutorial ini, karena tidak menginstall apapun, namun hanya menjalankan perintah saja.

E. TAHAPAN PENYELESAIN MASALAH
1. Pertama, yang harus tmen" lakukan ialah masuk ke mode super user dengan cara ketik $sudo su lalu ketikkan perintah
  • # lspci di CLI.

nah di bagian network ada yang saya blog itu adalah type dari wifi kita ingat ingat bagian itu

2. Selanjutnya, kita akan buat sebuah File yang memakai Bahasa Bash yang berguna untuk mengeksekusi perintah Bash. Ketikkan $sudo nano <nama_file> disini saya menggunakan nama        " .wifi "

3. Sesudah temen" tuliskan perintah seperti gambar dibawah ini, jika sudah tekan tombol CTRL+ALT+X > TEKAN Y > ENTER .


Note : rtl8723be ini merupakan versi dari driver wifi author yang bisa di cek melalui lspci,

4. Jika, sudah kalian save lalu coba terlebih dahulu, apakah perintah bash tersebut berjalan atau tidak ? . Dengan mengetikkan perintah #bash .wifi untuk .wifi tersebut sesuaikan dengan nama File yang temen buat sebelumnya. Jika tidak terjadi apa" kalian ganti angka "1" yang berapa pada bagian " "ant_sel=1" ubah menjadi "ant_sel=2"



jika sudah mengeksekusi perintah di atas, otomatis wifi akan seperti gambar dibawah ini

5. Nah, jika sudah bisa kita lanjut ke perintah bash selanjutnya yaitu bagaimana cara menjalankan bash tadi tanpa memasukkan passwordnya dan akan kita jalankan setiap kita reboot (startup).

6. Kita, ketikkan # nano <nama_file>, author buat $sudo nano tplink (beda dari yang tadi, kalau yang tadi depannya kita kasih titik, ini tplink saja).

7. Lalu, temen" ketikkan perintah lagi seperti gambar dibawah ini


nah untuk password tersebut, bisa diisi password untuk masuk root (super user) temen". Pencet Tombol CTRL+ALT+X > TEKAN Y > ENTER .

8. Setelah itu, temen" bisa coba jalankan bash yang tadi temen" buat dengan perintah #bash tplink .


9. Setelah, berhasil maka sekarang temen" tinggal menambahkan kedua File yang berisi perintah bash tersebut di Startup. Dengan Klik Menu -> Ketikkan Startup -> Tekan Enter, maka akan muncul seperti gambar dibawah.

10. Jika, sudah maka temen" bisa menambahkannya dengan mengklik button add -> custom command untuk menambahkan perintah bash yang akan langsung di eksekusi pada saat laptop dinyalakan.

kita tambahkan commandnya bash namafolder/namafile contoh author, bash /home/ityamid/.tplink nah, /home/itaymid ini adalah letak dari file .tplink tersebut. Jika sudah, klik button Add.

11. Untuk menambahkan yang satunya lagi kita juga harus melakukan hal yang sama namun dengan Name, dan command yang berbeda.

12. Jika sudah semua, maka kita restart laptop kita dan lihat hasilnya

KESIMPULAN
Jadi, untuk mengatasi suatu masalah kita harus mengetahui apa masalah tersebut dan jika tidak tau solusinya kita bisa menanyakannya ke orang yang lebih tau atau bisa bertanya di Mbah Google.

REFERENSI
askubuntu

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done