Sejarah dan Perkembangan Komputer - Mas Fadli

Saturday, 28 July 2018

Sejarah dan Perkembangan Komputer

   

Assalammu'alaikum Wr. Wb.

A. Pendahuluan

            Ok kawan - kawan di saat ini saya akan sharing tentang sejarah komputer dari generasi ke generasi

B. Pengertian

            Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan. Katacomputer pada awalnya dipergunakan untuk menggambarkan orang yang perkerjaannya melakukan perhitungan aritmetika, dengan atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri.

C. Latar Belakang

            Perkembangan teknologi komputer meningkat dengan cepat, hal ini terlihat pada era tahun 80-an jaringan kmputer masih merupakan teka-teki yang ingin di jawab oleh kalangan akademisi, dan pada tahun 1988 jaringan komputer mulai digunakan di universitas - univrsitas, perusahaan - perusahaan, sekarang memasuki era milenium ini terutama word wide internet telah menjadi realitas sehari - hari jutaan manusia di muka bumi ini.
            Selain itu, perangkat keras dan perangakat lunak jaringan telah benar - benar berubah, di awal perkembangan hampir seluruh jaringan dibangun dari kabel koaxial, kini banyak telah diantaranya dibangun dari serat optik (fiber optics) atau komunikasi tanpa kabel. Sebelum lebih banyak lagi dijelaskan mengenai jaringan komputer secara teknis, pada bab pendahuluan ini akan diuraikan terlebih dahulu definisi jaringan komputer, manfaat jaringan komputer, dan macam - macam jaringan komputer.

D. Tujuan

            Ada juga tujuan dari postingan ini yaitu :
            1. Pembaca bisa tau bagaimana proses penemuan dan perkembangan komputer 
            2. pembaca tau bagai mana perkembangan komputer dari generasi ke generasi

E. Waktu pelaksanaan

            15 menit

F. Alat dan Bahan

            1. internet
            2. laptop

G. Pembahasan

1. Sejarah Komputer

            Sejak zaman kuno, manusia telah menggunakan bilangan. Bahkan suku-suku paling primitif telah melakukan perhitungan rumit yang diperlukan untuk pertanian, perniagaan, dan navigasi. Alat untuk mempermudah perhitungan macam itu dimulai dari batu penghitung jaman prasejarah dan meningkat maju dengan abakus.
ABAKUS
            Abakus adalah salah satu alat yang paling awal yang digunakan untuk perhitungan. Asal mula abakus tidak dapat ditunjuk dengan tepat. Alat ini sudah dikenal sejak zaman yunani kuno. Awal dari abakus berupa sebuah permukaan pasir, sabak lilin, atau batu lebar dengan tanda yang menunjukkan letak bilangan dan kerikil yang digunakan sebagai penghitung. Orang romawi menyebut kerikil semacam itu calculus, dari situ berasal kata kalkulasi. Pada abakus modern terdiri dari dua kelompok baris yang menggambarkan tangan manusia. Lima cincin di bawah mewakili lima jari manusia, dan dua cincin atas mewakili dua tangan manusia.
PASCALIN
            Di perancis pada tahun 1642, dalam usia 19 tahun Blaise Pascal (1623-1662),menemukan mesin penjumlah mekanis yang pertama, digunakan untuk membantu ayahnya dalam perhitungan pajak. Penemuan pascal, yang disebut Pascalin, dikenal debagai mesin menjumlah dan mengurangi pertama.
            Mesin pascalin dapat menjumlah atau mengurangi jika roda gigi saling berkait sewaktu diputar. Sebuah roda memindahkan jumlah yang lebih besar.
JACQUARD
            Pada tahun 1801 Joseph Marie Jacquard dari Perancis mengembangkan mesin tenun yang pola tenunnya disimpan menggunakan kartu dari kayu yang berlubang (yang kemudian dikenal dengan punch card).
            Penemuannya ini mendapat perlawanan dari para buruh, dan mendorong terbentuknya persatuan dan aksi buruh yang pertama di dunia, yang merusak mesin tenun ciptaanya. Namun pada tahun 1812 telah muncul ribuan mesin tenun ciptaan Jacquard, yang sampai saat ini masih digunakan di industri teksil untuk membuat pola brokad.
BABBAGE
            Pada abad ke -19, jauh sebelum tibanya abad elektronik, charles babbage (1791-1871), seorang alhi matematika dari Inggris, sudah begitu dekat dengan penemuan fungsi-fungsi komputer sehingga sekarang ia dikenal sebagai Bapak Komputer.

            Dengan bantuan dari Lady Augusta Ada Lovelace (1815-1842), pada tahun 1834 Babbage mengembangkan mesin analitis untuk menghitung tabel astronomi untuk digunakan pada angkatan laut yang disebut mesin selisih (“Different Engine”) yang dijalankan dengan tenaga uap.
HOLLERITH
            Herman Hollerith (1860-1929) adalah orang pertama yang membangun pemrosesan data. Tujuannya adalah untuk menghitung dan menjumlah sensus tahun 1890 di Amerika Serikat. Pada akhir abad 18 mendirikan perusahaan "Tabulating Machine Company". Setelah Hollerith pensiun pada tahun 1904, Thomas Watson, Sr., menjadi presdir dan kemudian mengubah nama perusahaan menjadi International Business Machines Corporation (IBM).

2. Generasi Komputer

            a.Komputer Generasi 1 : 1946 - 1959
dikarakteristik dengan fakta bahwa instruksi operasi dibuat secara spesifik untuk suatu tugas tertentu.Setiap komputer memiliki program kode-biner yang berbeda yang disebut "bahasa mesin" (machine language).Hal ini menyebabkan komputer sulit untuk diprogram dan membatasi kecepatannya.
            Ciri komputer generasi pertama :
• Sirkuitnya menggunakan Vacum Tube
• Program dibuat dengan bahasa mesin : ASSEMBLER
• Ukuran fisik komputer sangat besar, Cepat panas
• Proses kurang cepat , Kapasitas penyimpanan kecil
• Memerlukan daya listrik yang besar
• Orientasi pada aplikasi bisnis

            b. Komputer Generasi 2 : 1959 – 1964
Pada tahun 1948,penemuan transistor sangat mempengaruhi perkembangan komputer. Transistor menggantikan tube vakum yang ada pada televisi,radio,dan komputer.Akibatnya,ukuran mesin-mesin elektrik berkurang drastis.Transistor mulai digunakan di dalam komputer mulai sejak tahun 1956. Penemuan lain yang berupa pengembangan memori inti-magnetik membantu pengembangan komputer generasi kedua yang lebih kecil,lebih cepat,lebih dapat diandalkan,dan lebih hemat energi dibanding para pendahulunya. Komputer yang paling banyak digunakan pada generasi kedua ini adalah IBM 401 untuk aplikasi bisnis, IBM 1602 & IBM 7094 untuk aplikasi teknik
            Ciri komputer generasi kedua :
• Sirkuitnya berupa transistor
• Sudah ada sistem operasi
• munculnya COBOL, FORTRAN, ALGOL
• Kapasitas memori utama sudah cukup besar
• Proses operasi sudah cepat
• Membutuhkan lebih sedikit daya listrik
• Berorientasi pada bisnis dan teknik.

            c. Komputer Generasi 3 : 1964 – 1970
Salah satu kemajuan komputer generasi ketiga adalah penggunaan sistem operasi (operating system) yang memungkinkan mesin untuk menjalankan berbagai program yang berbeda secara serentak dengan sebuah program utama yang berfungsi untuk memonitor dan mengkoordinasi memori komputer.
            Ciri komputer generasi ketiga :
• Menggunakan IC ( Integrated Circuit )
• Pemrosesan lebih cepat
• Kapasitas memori lebih besar lagi
• Penggunaan listrik lebih hemat
• Bentuk fisik lebih kecil
• Banyak bermunculan application software

            d. Komputer Generasi 4 : 1970 – 1990
Setelah IC,tujuan pengembangan menjadi lebih jelas yaitu mengecilkan ukuran sirkuit dan komponen-komponen elektrik.Large Scale Integration (LSI) dapat memuat ratusan komponen dalam sebuah chip.Pada tahun 1980-an,Very Large Scale Integration (VLSI) memuat ribuan komponen alam sebuah chip tunggal.Ultra-Large Scale Integration (ULSI) meningkatkan jumlah tersebut menjadi jutaan.
            Piranti lunak yang paling populer pada saat itu adalah program word processing dan spreadsheet. Pada awal 1980-an,video game seperti Atari 2600 menarik perhatian konsumen pada komputer rumahan yang lebih canggih dan dapat diprogram.Pada tahun 1981,IBM memperkenalkan penggunaan Personal Computer (PC) untuk penggunaan di rumah, kantor,dan sekolah
            Ciri komputer generasi keempat :
• Menggunakaan Large Scale Integration ( LSI )
• Microprocessor : penggabungan seluruh komponen komputer ( CPU , memori, kendali I/O) dan diprogram sesuai dengan kebutuhan.
• Munculnya PC
• IBM 370, komputer generasi keempat yang pertama
• Cray 1, Komputer super pertama
• Apole II, Personal Computer pertama
• Komputer IBM PC yang pertama
• Pentium II
• AMD K6 3D

            e. Komputer Generasi 5 :
Contoh imajinatif komputer generasi kelima adalah komputer fiksi HAL9000 dari novel karya Arthur C. Clarke berjudul 2001:Space Odyssey. HAL menampilkan seluruh fungsi yang diinginkan dari sebuah komputer generasi kelima.Dengan kecerdasan buatan (artificial intelligence),HAL dapat cukup memiliki nalar untuk melakukan percapakan dengan manusia,menggunakan masukan visual,dan belajar dari pengalamannya sendiri.

            f. Komputer Generasi 6 :
Dengan Teknologi Komputer yang ada saat ini,agak sulit untuk dapat membayangkan bagaimana komputer masa depan. Dari sisi teknologi beberapa ilmuwan komputer meyakini suatu saat tercipta apa yang disebut dengan biochip yang dibuat dari bahan protein sitetis. Robot yang dibuat dengan bahan ini kelak akan menjadi manusia tiruan. Sedangkan teknologi yang sedang dalam tahap penelitian sekarang ini yaitu mikrooptik serta input-output audio yang mungkin digunakan oleh komputer yang akan datang. Ahli-ahli sains komputer sekarang juga sedang mencoba merancang komputer yang tidak memerlukan penulisan dan pembuatan program oleh pengguna.Komputer tanpa program (programless computer) ini mungkin membentuk ciri utama generasi komputer yang akan datang

H.Kendala
belum ada

I. Hasil yang didapat
Dapat memahami Tentang Sejarah Komputer dari generasi ke generasi

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done